Warga Bisa Bingung Bus Listrik di Kota Surabaya Dihentikan Operasionalnya, Dishub Ikut Puyeng

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 11 Januari 2023 | 20:45 WIB

Belasan bus listrik yang wira-wiri di Kota Surabaya, sekarang dihentikan operasionalnya oleh Kemenhub. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Banyak masyarakat bakal dibuat bingung, karena sejumlah armada bus listrik di Kota Surabaya, Jawa Timur dihentikan operasionalnya oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Sedihnya lagi, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya juga tak bisa memastikan kapan bus listrik ini akan beroperasi lagi.

"Kemenhub sempat bersurat ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya untuk memohon waktu pada 3 Januari 2023, sekarang layanan bus listrik masih dievaluasi dalam operasional dan kontrak," ungkap Kepala Dishub Kota Surabaya, Tundjung Iswandaru, dikutip dari Surya.co.id, Selasa (10/01/2023).

Sekadar informasi, layanan bus listrik tersebut merupakan bagian dari program Buy The Service (BTS) yang dicanangkan oleh Kemenhub guna melayani trayek baru Trans Semanggi yakni Purbaya-Kenjeran.

Untuk perincian rutenya dimulai dari Terminal Purbaya, ke Kenjeran Park lalu melintasi Jalan Ahmad Yani, kawasan Dolog, SIERR, Simpang Empat Gunung Anyar dan MERR.

Terkait perhentian operasional bus listrik itu, Tundjung berharap agar Kemenhub bisa segera menyelesaikan masalah yang terjadi dengan DAMRI selaku pihak operator.

Pasalnya masalah yang timbul ternyata disebabkan oleh sistem kelistrikan bus, sampai ada masalah perpanjangan kontrak tahunan.

"Pengoperasiannya ada yang tersendat atau kurang lancar suplai listriknya, makanya lagi dievaluasi," imbuhnya.

Secara terpisah, Sunoto selaku Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Surabaya menyampaikan kalau pengoperasian bus listrik bisa memangkas waktu tunggu penumpang di halte, dari 45 menit hingga menjadi 15 menit saja.

Baca Juga: Beredar Video Beberapa Bus Listrik Berjejer di Balai Pemuda Surabaya, Ini Faktanya