Habiskan Libur Akhir Tahun, Pengguna Campervan Saat Musim Hujan Wajib Perhatikan Beberapa Hal Ini

Wisnu Andebar - Kamis, 29 Desember 2022 | 14:50 WIB

Campervan jadi opsi menarik untuk memanfaatkan libur akhir tahun (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Camping menggunakan mobil atau campervan bisa jadi opsi menarik, buat yang ingin pelesiran memanfaatkan libur akhir tahun bersama keluarga.

Namun memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, ada beberapa hal perlu diperhatikan sebelum berangkat camping.

Zainal Luthfi, owner Rangaroo Motoshop mengatakan, bahwa pemilihan tempat menjadi faktor penting sebelum camping di musim hujan.

"Bisa cari lahan yang datar dan menjauh dari pepohonan karena riskan pohon tumbang atau kena petir," kata Zainal kepada GridOto.com belum lama ini.

"Selain itu hindari juga tempat camping dekat sungai, karena dikhawatirkan terjadi banjir secara tiba-tiba," sambung pemilik brand outdoor yang menjual rooftop tent untuk mobil asal Yogyakarta ini.

Ia melanjutkan, pemasangan flysheet dan tenda harus dipastikan kuat agar air tidak masuk atau rembes ke dalam tenda.

"Selain itu, pastikan pasak tertancap dengan kencang supaya kuat saat diterpa angin,   dan sedia selalu jas hujan sebagai antisipasi jika terjadi masalah," sebut Luthfi.

Lebih lanjut ia menambahkan, ketika sudah selesai digunakan, sebaiknya usahakan tenda dalam keadaan bersih dan kering ketika hendak dilipat kembali.

"Kalau kondisi masih hujan dan terpaksa harus dilipat tidak masalah, asal setelah sampai rumah langsung dibuka lagi supaya enggak lembap dan menimbulkan bau tak sedap," terangnya.

"Cara membersihkannya pun tergolong simpel, cukup dilap saja dan dijemur bila perlu," pungkas Luthfi.

Baca Juga: Ternyata Segini Harga Mobil Bekas Toyota HiAce 2013, Cocok Juga Dimodif Campervan