Bisakah Kia Grand Carnival Tempuh Jakarta-Surabaya dengan Sekali Isi BBM?

Trybowo Laksono - Kamis, 24 November 2022 | 08:42 WIB

Kia Grand Carnival Premiere adalah Large MPV berkapasitas 11 penumpang (Trybowo Laksono - )

GridOto.com - Kia Grand Carnival adalah salah satu MPV mewah dengan ukuran paling besar yang ada di Indonesia saat ini.

Kapasitasnya mencapai 11 penumpang dewasa, dan akomodasi jumbo itu ideal untuk road trip jarak jauh dengan leluasa membawa penumpang maupun barang.

Memenuhi undangan PT Kreta Indo Artha, APM KIA di Indonesia, kami menguji impresi Kia Grand Carnival untuk menempuh Jakarta-Surabaya via tol Trans Jawa.

Fokus kami adalah membuktikan konsumsi bahan bakar, apakah Kia Grand Carnival bisa menempuh Jakarta-Surabaya dengan sekali pengisian penuh tangki BBM?

Start di bilangan Cawang, Jakarta Timur, ada 2 unit Kia Grand Carnival Premiere yang dites oleh rombongan media, dengan komposisi 4 penumpang per mobil plus barang dan logistik.

Sepanjang jalan, 2 unit Kia Grand Carnival dikemudikan secara bergantian oleh para jurnalis.

Hampir tidak ada yang menerapkan eco driving, para jurnalis memacu kencang kedua unit Kia Grand Carnival setiap lalu lintas senggang.

Memang output dari mesin turbo diesel 2.151 cc 4 silinder sangat potensial, merilis 202 dk dan torsi besar 441 Nm.

Trybowo Laksono
Mesin bertorsi besar membuat Kia Grand Carnival Premiere enak dipacu pada kecepatan tinggi

Tak hanya itu, transmisi otomatis 8 percepatan pun luwes untuk membuatnya cekatan baik saat berakselerasi maupun melaju konstan di kecepatan tinggi.

Alhasil dorongan torsi, kesigapan transmisi, dan set sasis yang stabil untuk kecepatan tinggi membuat Kia Grand Carnival lebih menyenangkan untuk dipacu kencang.

Setelah menempuh 13,5 jam perjalanan termasuk banyak istirahat, kami tiba di kota Surabaya dengan konsumsi bahan bakar rata-rata (average fuel consumption) 13,2 km/l.

Trybowo Laksono
Tersisa lebih dari 1/4 tangki di indikator tangki BBM

Dengan kapasitas tangki BBM 80 liter, figur 13,2 km/l itu tak hanya membuat Grand Carnival mampu menempuh Jakarta-Surabaya dalam sekali isi tangki, namun bahkan menyisakan jarak tempuh 333 km (range).

Artinya, kenyamanan yang diberikan Kia Grand Carnival tak hanya tentang kemewahan, torsi wah, dan fitur melimpah, tapi juga ketenangan hati dengan jarak tempuh yang memadai.