Miris! Gelar Apel Aset, Pemkab Abdya Malah Temukan Dua Kendaraan Dinas Nunggak Pajak dan BPKB-nya Hilang!

Ruditya Yogi Wardana - Rabu, 26 Oktober 2022 | 15:32 WIB

Jajaran Pemkab Abdya saat menggelar apel aset untuk mengecek semua kendaraan dinas yang ada, Senin (24/10/2022). (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Sebanyak 203 kendaraan dinas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Barat Daya (Abdya) sempat terpantau terparkir di halaman kantor bupati setempat, pada senin (24/10/2022) lalu.

Adapun hal ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan kegiatan apel aset dan mengecek kondisi kendaraan dinas yang digunakan para pejabat di lingkungan Pemkab Abdya.

Mirisnya dalam apel aset yang dilakukan Pj Bupati Abdya, H Darmansah bersama Sekda Abdya, Salman Alfarisi, ditemukan ada dua kendaraan dinas yang BKPB-nya hilang dan nunggak pajak.

"Kami temukan ada dua unit mobil dinas yang BKPB-nya hilang dan nunggak pajak, oleh karena itu kami minta dalam waktu dekat supaya diurus suratnya dan pajaknya dibayar," ujar Darmansah, dikutip dari Serambinews.com, Senin (24/10/2022).

Tak cuma sampai situ saja, mereka bahkan menemukan kendaraan dinas yang tak layak pakai dalam kegiatan ini.

Sedihnya lagi, kendaraan tak layak pakai tadi masih juga digunakan sebagai kendaraan operasional.

Pj Bupati Abdya ini pun berencana untuk mengupayakan adanya penggantian kendaraan dinas yang tak layak pakai dengan kendaraan lain.

Ia juga mengingatkan kepada para pejabatnya agar selalu menjaga dengan baik kendaraan dinas yang diberikan, mengingat adanya anggaran pemeliharaan kendaraan.

"Karena pada hakikatnya kita sebagai PNS juga merupakan aset negara juga, jadi mari sama-sama kita jaga aset negara dengan baik," ujarnya.

Baca Juga: Yuk Kenali Angka Romawi Pada Kendaraan Dinas Polisi, Ini Penjelasannya

Perlu diketahui dalam apel aset tersebut dari 203 unit kendaraan yang dihadirkan, 101 unit kendaraan di antaranya berupa mobil.

Lalu 39 unit di antaranya diperuntukkan untuk Kepala SKPK dan sisanya digunakan oleh kabag serta kasi di lingkungan Pemkab Abdya.

"Saya ingatkan lagi jangan sampai diri sendiri kita rawat sedangkan kendaraan dinas baik roda dua maupun empat tidak dirawat, sehingga terkesan aneh dan lucu kalau hal demikian terjadi," pungkas Darmansah.

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Pemkab Abdya Gelar Apel Aset, Dua Mobil Dinas Ditemukan Hilang BPKB dan tak Bayar Pajak.