Kenapa Juara F1 Singapura 2022 Sergio Perez Hanya Kena Penalti 5 Detik Padahal Melanggar Dua Kali?

Fendi - Senin, 3 Oktober 2022 | 02:35 WIB

Sergio Perez saat berada di belakang safety car pada balap F1 Singapura 2022 (Fendi - )


GridOto.com – Sergio Perez hanya kena penalti tambahan waktu 5 detik, padahal dua kali melakukan pelanggaran safety car. Sehingga membuat pembalap tim Red Bull ini tetap menjadi juara F1 Singapura 2022.

Penalti 5 detik menjadi tidak berpengaruh pada hasil balapan Sergio Perez yang menjadi juara F1 Singapura 2022.

Karena Charles Leclerc yang finish di tempat kedua tertinggal 7,5 detik, sehingga Sergio Perez tetap berada di posisi pertama dan meraih juara F1 Singapura 2022.

Lalu, kenapa pembalap Meksiko itu hanya menerima satu hukuman, padahal melakukan pelanggaran safety car dua kali?

Dikutip GridOto.com dari Sky Sports, Sergio Perez mendapat teguran untuk pelanggaran pertama dan penalti 5 detik untuk kejadian kedua.

Race stewards memutuskan Sergio Perez gagal menjaga jarak 10 mobil dari safety car antara exit tikungan 13 dan tikungan 14 sirkuit Marina Bay.

formula1.com
Safety car dua kali masuk ke lintasan memandu pembalap pada F1 Singapura 2022

Namun mereka hanya memberikan teguran karena situasi dan kondisi.

Stewards mengatakan, "Meskipun trek basah di beberapa bagian, kami tidak menerima bahwa kondisinya membuat tidak mungkin atau berbahaya bagi Perez untuk mempertahankan jarak kurang dari 10 mobil yang diperlukan.”

Baca Juga: Klasemen Pembalap - Sergio Perez Juara F1 Singapura 2022, Max Verstappen Tunda Gelar Juara Dunia

“Namun demikian, kami memperhitungkan kondisi basah dan kesulitan yang disorot oleh Perez sebagai keadaan mitigasi atas insiden ini dan, karenanya, menentukan bahwa teguran harus diberikan," lanjutnya.

Untuk insiden kedua, Perez terlalu dekat dengan safety car di bagian yang sama dari sirkuit.

Karena ini adalah pelanggaran keduanya, dia menerima penalti waktu lima detik.

"Karena ini adalah pelanggaran kedua Pasal 55.10 oleh Perez selama balapan dan mengikuti peringatan tegas dari Race Director, kami memutuskan untuk menjatuhkan hukuman 5 detik pada Perez," sebut stewards.

Keputusan ini menjadi sia-sia bagi tim Ferrari, karena beberapa menit menjelang finish, Charles Leclerc sempat mendekati Perez, tetapi menyentuh garis finish jaraknya lebih dari 7 detik.