Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter Terbaru Meluncur di Jepang, Kapan Masuk Indonesia?

Wisnu Andebar - Rabu, 7 September 2022 | 14:54 WIB

Mitsubishi Fuso eCanter generasi terbaru resmi meluncur (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) secara resmi meluncurkan truk listrik eCanter generasi terbaru secara world premiere di Jepang pada hari ini, Rabu (7/9/2022).

CEO MFTBC, Karl Deppen mengatakan, bahwa eCanter generasi terbaru memiliki sejumlah pembaruan yang dikembangkan berdasarkan masukan dari konsumen yang telah menggunakannya.

Seperti diketahui, truk listrik yang pertama kali diluncurkan pada 2017 dan diproduksi di Jepang ini telah dipasarkan ke berbagai negara di Eropa, Amerika Utara, Australia, dan Selandia Baru.

"Dengan pengalaman operasional selama lima tahun, MFTBC telah mengembangkan Next Generation eCanter dengan sejumlah penyegaran signifikan," ujar Deppen saat acara peluncuran eCanter generasi terbaru yang digelar secara virtual, Rabu (7/9/2022).

Ia mengungkapkan, penjualan eCanter generasi terbaru untuk pasar Jepang dijadwalkan akan mulai dibuka pada 2023 mendatang.

Jajaran eCanter generasi terbaru mencakup 28 varian untuk pasar Jepang dan sekitar 80 varian untuk pasar luar negeri, guna memenuhi kebutuhan logistik yang lebih luas.

Truk listrik ini hadir dalam kelas bobot mulai lima ton hingga delapan ton untuk pasar Jepang, dan mulai dari kelas empat ton untuk model luar negeri.

Selain itu, MFTBC menawarkan eCanter dengan beberapa pilihan dimensi lebar yang dapat disesuaikan oleh kebutuhan konsumen.

Di antaranya 2.130 mm yang dapat menampung lebih banyak barang, serta ukuran lebar 1.700 mm bagi konsumen yang ingin lebih fleksibel dan sering melalui jalan sempit.

Baca Juga: Nyobain Truk Listrik Mitsubishi Fuso eCanter, Ternyata Punya Fitur Lengkap!

Kemudian pilihan wheelbase alias jarak sumbu roda juga cukup bervariasi mulai dari 2.500 mm hingga 4.750 mm.

Tidak hanya itu, eCanter generasi terbaru kini dibekali konsep modular baru yang dapat menampung satu hingga tiga baterai.

Satu baterai dengan kapasitas 41 kWh dapat menempuh jarak sekitar 80 km, sedangkan dua baterai dapat menempuh jarak sekitar 140 km.

Sementara jika kendaraan diisi dengan tiga baterai dapat menempuh jarak sekitar 200 km.

Menariknya, eCanter generasi terbaru dapat digunakan sebagai pemasok listrik ke rumah dan peralatan lain jika terjadi keadaan darurat.

Sebelumnya, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi Mitsubishi Fuso di Indonesia sempat mengungkapkan alasan mengapa hingga saat ini belum menjual eCanter dan baru sebatas memamerkannya.

Menurut General Manager Product KTB, Bayu Aprizal, saat ini pihaknya masih mempelajari terkait keputusan untuk menjual eCanter di Indonesia.

"Kami belum bisa memutuskan tapi pada intinya proof of concept (POC) ini akan kami lakukan secara detail dan aktual dan diharapkan ada beberapa penyempurnaan yang bisa berkontribusi pada pengembangan produk ke depan," ujarnya.

Di sisi lain, ia menjelaskan faktor lain yang masih dipertimbangkan adalah dari segi fasilitas dan infrastruktur untuk menunjang kendaraan listrik.

"Ini teknologi baru dan fasilitasnya harus memungkinkan. Tapi diharapkan kalau semua ideal kami akan menuju ke arah sana (menjual eCanter)," pungkasnya.