Chevrolet Captiva Ringsek Tabrak Separtor Busway di Kelapa Gading, Ini Kronologinya

M. Adam Samudra - Kamis, 14 Juli 2022 | 08:00 WIB

Chevrolet Captiva alami kecelakaan di Jakarta Utara tabrak separator busway (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Sebuah Chevrolet Captiva berwarna hitam B-1240-SIV mengalami kecelakaan di Jalan Yos Sudarso, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (13/7/2022).

Chevrolet Captiva berwarna hitam itu ringsek setelah menghantam separator busway.

Menurut Kanit Laka Polres Jakarta Utara AKP Edy Wiboyo, menyebut pengemudi Chevrolet Captiva itu hilang kendali saat melintas di Jalan Yos Sudarso ke arah Selatan.

"Jadi pengendara menabrak sparator busway yang berada di sisi kanan jalan, akibat dari laka lantas tersebut kendaraan yang terlibat mengalami kerusakaan dan setelah kejadian pengemudi meninggalkan TKP," kata Edy kepada GridOto, Rabu (13/7/2022).

Akibat kejadian tersebut bagian fascia, bumper, dan grillnya pecah.

Ada beberapa faktor penyebab seringnya terjadi kecelakaan di mana pengguna jalan menabrak separator, yaitu kurangnya rambu dan kelalaian pengemudi itu sendiri.

Pemerhati masalah transportasi Budiyanto menjelaskan, pembuatan separator juga harus memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan.

"Kenyataannya masih banyak pemasangan separator yang mengabaikan faktor keamanan dan keselamatan. Sebagai contoh masih banyak, kita dapatkan pemasangan separator tidak dilengkapi tanda-tanda khusus atau rambu-rambu yang jelas," ucap Budiyanto dihubungi secara terpisah.

Perlu ada mata kucing yang memantulkan cahaya, sehingga separator tersebut bisa terdeteksi oleh pengguna jalan khususnya saat keadaan gelap.

Baca Juga: Mazda CX-3 dan Toyota Etios Terlibat Kecelakaan di Flyover Palur, Salah Satunya Berakhir Rebahan