Bukannya Tanggung Jawab, Sopir Bus Penyebab Laka Beruntun di Tol Cipularang Malah Kabur Tinggalkan Kenek

M. Adam Samudra - Senin, 27 Juni 2022 | 10:20 WIB

Laka beruntun di Tol Cipularang (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Pihak kepolisian membenarkan sopir bus yang memicu insiden kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 91, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, melarikan diri usai kejadian.

"Iya (benar) supir meninggalkan lokasi. Yang tertinggal hanya kenek," kata Kepala Induk Patroli Jalan Raya (PJR) Ruas Tol Cipularang AKP Denny Catur kepada GridOto.com, Senin (27/6/2022).

Berdasarkan kronologis yang diterima dari pihak Kepolisian, kejadian bermula dari Bus Laju Prima B 7602 XA dari arah Bandung menuju Jakarta menabrak beberapa kendaraan di depannya.

"Kendaraan bus Laju Prima diduga mengalami rem blong sehingga menabrak kendaran di depannya. Kecelakaan beruntun ini melibatkan beberapa kendaraan sekaligus karena memang saat kejadian situasi lalulintas sedang padat, mengingat hari Minggu biasanya terjadi peningkatan lalulintas masyarakat yang dari Bandung menuju ke Jakarta," ujar AKP Denny.

Akibat kecelakaan tersebut terdapat 3 orang luka berat dan 16 orang luka ringan.

Korban kecelakaan langsung dilarikan ke RS Abdul Radjak Purwakarta.

Sekadar informasi, akibat dampak dari kecelakaan tersebut arus lalin sempat terjadi kepadatan jelang lokasi kejadian.

Untuk mengurai kepadatan, atas diskresi Kepolisian mulai pukul 21.50 hingga 23.34 WIB dilakukan pengalihan lalu lintas secara situasional, yaitu kendaraan yang menuju Jakarta dialihkan keluar Padalarang Timur, untuk kemudian dapat masuk kembali melalui Gerbang Tol Jatiluhur.

Sementara pada pukul 01.17 WIB lokasi kejadian telah bersih, lalu lintas kembali normal. Kendaraan terlibat kecelakaan dibawa ke Pool Derek Jatiluhur.

Baca Juga: Ngeri, Sebanyak 17 Kendaraan Rusak Alami Kecelakaan Beruntun di Tol Cipularang, Ini Kronologinya

Pihak Kepolisian mengimbau pengguna jalan agar selalu memastikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan.

"Kami mengimbau kepada para pengemudi bus agar selalu mengecek kondisi kendaraannya, terutama keberfungsian rem, menjaga kecepatan kendaraan dan mematuhi rambu-rambu lalu lintas saat melakukan perjalanan, demi keamanan dan keselamatan bersama," tegas AKP Denny.

Selain itu AKP Denny juga mengimbau pengguna jalan harus memastikan pengemudi dalam keadaan prima dan beristirahat di rest area jika lelah atau mengantuk.