Prediksi Harga OTR Hyundai Stargazer Diadu Sama Toyota Avanza, Daihatsu Xenia hingga Mitsubishi Xpander, Siapa Termurah?

Harun Rasyid - Jumat, 20 Mei 2022 | 17:30 WIB

Hyundai Stargazer terpantau dari kamera Google Street View. (Harun Rasyid - )

GridOto.com - Hyundai Stargazer gencar diisukan akan menjadi mobil baru yang akan meramaikan segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) di Tanah Air.

Buktinya, Hyundai Stargazer pernah tertangkap kamera sedang dites jalan dengan beberapa bagian bodi yang ditutupi kain.

Selain itu Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Hyundai Stagazer juga sudah tertera di laman Badan Pendapatan Daerah DKI Jakarta.

Dari situ, Stargazer bisa dipastikan akan memiliki empat varian yaitu Active, Trend, Style, dan Prime.

Karena penasaran dengan banderolnya, GridOto sudah menghitung perkiraan harga Hyundai Stargazer berdasarkan NJKB, Bea Balik Nama Kendaraan Baru (BBNKB), Pajak kendaraan Bermotor (PKB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan biaya lainnya.

Hasilnya diperkirakan harga Hyundai Stargazer secara on the road (OTR) Jakarta berkisar Rp 248 juta hingga 323 juta tergantung variannya.

Salah satu sumber terpercaya GridOto.com mengatakan, sederhananya perhitungan harga dari NJKB untuk menjadi harga OTR bisa ditambah sekitar 60 persen.

"Itu sudah termasuk biaya lainnya seperti biasanya adanya tambahan option seperti kaca film atau aksesoris lainnya. Bayangan saya, harganya nanti di Rp 250 juta hingga 320 juta plus minus," ungkapnya kepada GridOto.com Rabu (18/5/2022).

Dengan perhitungan tersebut, apakah harga Hyundai Stargazer mampu mengguncang para rival di kelasnya yaitu Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Daihatsu Xenia, hingga Mitsubishi Xpander?

Baca Juga: Kisaran Harga On The Road Hyundai Stargazer, Ini Hitungannya

Dari situs resmi, harga Toyota Avanza varian mesin 1.500 cc tipe 1.5 G M/T hingga 1.5 G CVT TSS berkisar Rp 255,1 juta sampai Rp 295,8 juta.

Berikutnya, kami juga akan membandingkan perkiraan harga Stargazer dengan Daihatsu Xenia varian 1.500 cc.

Trybowo Laksono
Daihatsu Xenia 1.5R CVT ASA dengan fitur semi otonom


Sebab calon LMPV baru dari PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) ini kabarnya akan menggunakan mesin 1.500 cc empat silinder Smartstream seperti Hyundai Creta.

Saat ini harga Daihatsu Xenia tipe 1.5 R M/T hingga 1.5 R CVT ASA SC yang jadi tipe tertingginya ini berkisar Rp 248,3 juta sampai Rp 274,1 juta OTR Jakarta.

Sementara harga Suzuki Ertiga tipe GA M/T hingga GX A/T saat ini juga tidak kalah menarik yaitu mulai Rp 224,1 juta sampai Rp 269,8 juta OTR Jakarta.

Sedangkan untuk harga Mitsubishi Xpander tipe GLS M/T hingga Ultimate CVT berkisar Rp 253,4 juta sampai Rp 307,1 juta OTR Jakarta.

Aries Aditya
Mitsubishi Xpander Sport CVT


Jika diperhatikan, perkiraan harga Stargazer terbilang bersaing dengan para rivalnya.

Namun untuk harga di varian tertinggi, tampaknya Stargazer memiliki banderol yang terbilang jauh lebih tinggi dari para rivalnya yang masih di rentang harga Rp 269 jutaan sampai Rp 307 jutaan.

Maka dari itu, kita tunggu saja sob kehadiran Stargazer yang akan meramaikan segmen LMPV di Indonesia ini.