Honda Jazz Nyemplung ke Selokan Karena Pengemudinya Diduga Asyik Main Handphone, Begini Pesan Pakar Safety

Naufal Shafly - Sabtu, 16 April 2022 | 20:12 WIB

Honda Jazz nyemplung ke selokan di daerah Tangerang, Banten. (Naufal Shafly - )

GridOto.com - Sebuah Honda Jazz dikabarkan terperosok di kawasan Fun Park Permata Tangerang, Sabtu (16/4/2022).

Berdasarkan caption yang diunggah oleh akun Instagram @infotangerang.id, mobil berwarna abu-abu tersebut terperosok karena diduga sang pengemudi bermain handphone.

Berkaca dari kejadian ini, Andry Berlianto selaku Instruktur Defensive Driving Global Defensive Driving Consulting (GDDC) memberikan komentarnya.

Menurut Andry, bermain handphone saat mengemudi adalah perilaku yang sangat berbahaya karena fokus pengemudi menjadi teralihkan.

"Jelas menghilangkan konsentrasi karena mengemudi tidak boleh sembari multi-tasking, hanya boleh fokus mengemudi dengan dua tangan di lingkar kemudi," jelas Andry saat dihubungi GridOto.com, Sabtu (16/4/2022).

Ia juga menambahkan, mengemudi adalah pekerjaan yang 100 persen memerlukan fokus.

Sehingga pengemudi tidak boleh melakukan kegiatan lain yang dapat mengganggu konsentrasi ataupun fokus mereka.

"Tidak konsen saat mengemudi juga akan melemahkan waktu reaksi kita saat menghadapi bahaya, oleh karena itu fokus adalah hal yang paling penting saat mengemudi," jelasnya.

Andry juga menyarankan, pengguna kendaraan lebih baik menepi jika ada hal darurat misalnya panggilan telepon penting dan lain sebagainya.

Baca Juga: Auto Nabrak, Lexus Buktikan Main Handphone Sambil Mengemudi Bahaya Banget

Hal ini akan jauh lebih aman ketimbang mengangkat atau melihat telfon sembari mengemudi.

"Jika ada panggilan penting, pengguna kendaraan bisa menepi, berhenti dan lakukan komunikasinya. Lanjutkan perjalanan dengan kondisi yang lebih tenang dan fokus," tutupnya.