Usung Teknologi Hybrid, Hasil Test Performa Yamaha Fazzio Bikin Kaget!

Muhammad Farhan,Antonius Yuliyanto - Senin, 28 Maret 2022 | 19:00 WIB

Test Ride Yamaha Fazzio Hybrid (Muhammad Farhan,Antonius Yuliyanto - )

GridOto.com – Usung teknologi Hybrid, ternyata begini hasil test performa Yamaha Fazzio 125.

Sebagai informasi, sistem hybrid di Fazzio termasuk tipe sederhana karena memanfaatkan adanya teknologi SMG (Smart Motor Generator).

Selain berfungsi sebagai starter untuk memutar poros kruk as, teknologi tersebut juga berfungsi sebagai generator untuk mengisi ulang daya aki.

Saat mesin sudah hidup, fungsi hybrid memberi arus listrik dari aki seperti saat proses starter untuk memberikan tenaga tambahan atau assist pada mesin bakar lewat poros kruk as.

Namun karena arusnya cuma dari aki YTZ6V dengan spek 12 volt 5,3 Ah, makanya hanya mampu memberikan tenaga tambahan atau assist saat kecepatan rendah saja.

Youtube/Yamaha Motor Indonesia
Sistem hybrid di Yamaha Fazzio

Nah saat hybrid on dan off akselerasinya memang beda, terlihat dari hasil tes pakai Racelogic. Saat hybrid on 0-60 km/jam waktunya 7,3 detik, lalu saat hybrid off perlu 7,7 detik.

Pada tes 0-201 meter pun ada perbedaan. Ketika hybrid on cuma 13,7 detik, sementara ketika off jadi 14 detik. Nah lumayan kan bedanya!

Data menarik lainnya dari hasil tes adalah top speed Fazzio tak sampai 100 km/jam. Walaupun di spidometer tertera bisa 101 km/jam, di Racelogic ternyata mentok di angka 96,9 km/jam.

Fakta itu cukup mengejutkan, karena rata-rata skutik 125 cc kecil Yamaha yang pakai basis mesin dari Mio M3 kecepatan aslinya bisa tembus atau bahkan lebih dari 100 km/jam.