Tambah Line Up Mobil Listrik, Hyundai Ioniq 5 Siap Diproduksi di Cikarang Tahun Ini

Wisnu Andebar - Selasa, 18 Januari 2022 | 09:42 WIB

Hyundai Ioniq 5 (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dikabarkan akan segera memproduksi mobil listrik Ioniq 5 secara lokal di pabrik Cikarang, Jawa Barat.

Berdasarkan rumor yang beredar, Ioniq 5 akan mulai diproduksi secara massal di pabrik seluas 77,6 hektar itu tepatnya pada Maret 2022 mendatang.

"Iya, Ioniq 5 akan diproduksi tahun ini, tapi bulan berapa, tunggu tanggal mainnya nanti," kata Makmur, Chief Operating Officer HMID saat ditemui di Cikarang belum lama ini.

Ioniq 5 sendiri mendapatkan respons positif di pasar global, setelah mulai dipasarkan di Korea Selatan dan beberapa negara di benua Eropa.

Hal tersebut berkat kombinasi fitur, styling dan spesifikasi termasuk daya jelajah yang diklaim mencapai 480 km menggunakan baterai berkapasitas 77,4 kWh.

Dengan pengisian Ultra Fast Charging 350 kW DC, pengisian dari 10 persen hingga 80 persen cukup membutuhkan waktu 18 menit.

Bahkan, hanya dengan pengisian 5 menit, estimasinya Ioniq 5 bisa melaju sejauh 100 km.

Pabrikan asal Korea Selatan ini memang termasuk salah satu yang paling gencar memasarkan mobil listrik di Indonesia.

Seiring dengan hal itu, ekosistemnya pun turut dibentuk seperti mewajibkan setiap dealer Hyundai untuk turut menyediakan fasilitas charging mobil listrik.

Baca Juga: Hyundai Creta Made in Cikarang Siap Penuhi Permintaan Domestik dan Ekspor, Enggak Perlu Takut Inden

Tidak hanya di dealer resmi, namun juga di fasilitas umum seperti mal, hotel, cafe, termasuk di rest area.

Sebagai informasi, saat ini Hyundai memiliki dua mobil listrik yang telah dijual di Indonesia, yakni Kona dan Ioniq Electric.

Ioniq Electric dijual dengan pilihan varian Prime yang dibanderol Rp 637 juta dan Signature Rp 677 juta On The Road (OTR) DKI Jakarta.

Sedangkan Kona Electric hanya ada satu tipe yakni Signature, dengan banderol Rp 697 juta OTR DKI Jakarta.

Adapun pabrik yang baru beroperasi pada Januari 2022 ini telah memulai produksi produk pertamanya yakni Hyundai Creta. 

Rencananya Hyundai Creta akan mulai didistribusikan ke konsumen pada Februari 2022.

Compact SUV ini hadir dalam empat pilihan varian, di antaranya Active 6-speed MT Rp 279 juta, Trend 6-speed MT Rp 299 juta, Trend IVT Rp 319 juta, Style IVT Rp 359 juta, Prime IVT Rp 397,5 juta, Prime IVT Two Tone Roof Rp 399 juta on the road (OTR) Jakarta.