Punya Tenaga dan Torsi Besar, Apakah Mesin 1GD Toyota Fortuner Bakal Disematkan Juga ke Kijang Innova?

Naufal Shafly - Minggu, 16 Januari 2022 | 19:00 WIB

Mesin 1GD-FTV 2.800 cc milik Toyota Fortuner (Naufal Shafly - )

GridOto.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) beberapa hari lalu meluncurkan New Fortuner 2.8 di Indonesia, tepatnya pada Kamis (13/1/2022).

Sesuai namanya, New Fortuner 2.8 dibekali dengan mesin baru, yakni 1GD berkubikasi 2.755 cc 4 silinder segaris dengan 4 katup yang dilengkapi turbo VNT Intercooler.

Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 201,11 dk di 3.000-4.000 rpm, dan torsi puncak 499 Nm di 1.600-2.800 rpm.

Hingga saat ini, New Toyota Fortuner 2.8 masih menjadi satu-satunya model yang menggunakan mesin baru tersebut.

Lantas, apakah mesin 1GD ini akan disematkan juga ke produk Toyota lainnya? Misalnya saja Kijang Innova yang punya pasar cukup besar di Tanah Air.

Menanggapi hal ini, Direktur Marketing TAM, Anton Jimmi Suwandy mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan tersebut.

"Intinya setiap produk yang kami luncurkan, pastinya kami sebelumnya telah mendengarkan suara atau masukan dari konsumen terhadap produk tersebut," ucap Anton dalam konferensi pers virtual beberapa hari lalu.

Ia mengatakan, mesin 1GD disematkan pada Toyota Fortuner karena konsumen di segmen tersebut relatif lebih membutuhkan tenaga besar.

Rianto Prasetyo/GridOto.com
New Toyota Fortuner 2.8

"Kalau dibandingkan dengan Kijang Innova, permintaan terhadap mesin bertenaga besar memang jauh lebih banyak di Toyota Fortuner," kata Anton.

Baca Juga: Tenaga Lebih Besar, Ada Upgrade Pengereman di Toyota Fortuner 2.8?

"Saya rasa ini adalah alasan utama mengapa kami memprioritaskan mesin 1GD ini ke Fortuner," jelasnya.

Namun Anton kembali menegaskan bahwa pihaknya tidak menutup kemungkinan jika suatu saat Kijang Innova dibekali mesin 1GD seperti Fortuner.

"Tapi ke depannya kami akan selalu mendengarkan suara dan masukan dari konsumen, termasuk permintaan mesin 1GD ini di produk-produk kami lainnya," tegasnya.