Sudah Ada yang Kena, Aturan Bendera Kuning Ganda Dicoba Lagi di F1 Meksiko 2021

Fendi - Selasa, 2 November 2021 | 17:15 WIB

Aturan saat melaju di bawah kibaran bendera kuning ganda terus diuji coba di balap F1 (Fendi - )


GridOto.com –  Aturan saat pembalap melaju di bawah kondisi double yellow flag (bendera kuning ganda) saat mencetak hot lap, kembali diberlakukan di F1 Meksiko 2021 akhir pekan ini.

Aturan ini diujicobakan di F1 Amerika, Oktober lalu, setelah ada perdebatan tentang apakah satu putaran Fernando Alonso di F1 Turki seharusnya bertahan atau tidak.

Karena pembalap tim Alpine ini dituduh tidak cukup melambat di bawah kibaran bendera kuning ganda.

Akibatnya, setiap pembalap yang melewati bagian dari sirkuit di mana double yellow flag keluar, waktu putarannya secara otomatis akan dihapus dalam latihan bebas atau kualifikasi.

Dikutip GridOto.com dari planetf1.com, race director Michael Masi mendistribusikan catatat mengenai hal ini ke semua tim menjelang setiap akhir pekan balapan.

Ada bagian yang menyebutkan, setiap pembalap yang melewati sektor di mana marshal mengibarkan bendera kuning ganda, harus mengurangi kecepatan secara signifikan dan bersiap untuk mengubah arah atau berhenti.

Baca Juga: Mantan Juara Dunia F1 Mika Hakkinen Kasih Peringatan untuk Max Verstappen

Dengan demikian, stewards juga yakin bahwa setiap pembalap yang telah memenuhi persyaratan ini, tidak berusaha untuk mengatur waktu putaran yang berarti.

Michael Masi sendiri senang dengan bagaimana aturan itu diintegrasikan ke dalam balapan akhir pekan terakhir kali, meskipun hanya ada satu peymbalap yang catatan waktunya dihapus di bawah aturan baru.