Toyota GR Yaris, Jebolan Ajang Balap WRC yang Laris Manis di Indonesia

Yussy Maulia - Kamis, 7 Oktober 2021 | 09:15 WIB

GR Yaris. (Yussy Maulia - )

GridOto.com – Keikutsertaan Toyota di dunia balap mobil sudah tidak diragukan. Kini, desain dan teknologi otomotif yang diciptakan untuk bertanding di ajang balap, kini tersemat di produk kendaraan reguler Toyota.

Salah satunya adalah GR Yaris. Mobil hot hatchback besutan divisi khusus pengembangan mobil balap Toyota, TOYOTA GAZOO Racing (TGR), ini resmi dirilis di Indonesia pada Maret 2021.

Membawa DNA mobil balap leluhurnya, yaitu Yaris WRC, GR Yaris diciptakan sebagai mobil sport yang menawarkan konsep built quality tinggi dan fun to drive.

Seperti diketahui, Yaris WRC dikenal tangguh bertanding di ajang balap World Rally Champion (WRC). Sosok hatchback tersebut pernah mencetak prestasi juara di lima seri WRC 2018.

Baca Juga: Masih Harus Bersabar, Pemenang Undian GR Yaris Bakal Dapat Unitnya Akhir Tahun Ini

Dirakit oleh teknisi dari tim Takumi Toyota yang terkenal memiliki keterampilan tinggi, GR Yaris juga dikembangkan sebagai homologasi dari WRC. Jumlah produksi unit mobil ini pun terbatas. Total, hanya tersedia 25.000 unit di dunia.

Indonesia sendiri kebagian GR Yaris sebanyak 120an unit saja dengan kisaran harga Rp 750-850 juta. Meski GR Yaris baru akan dikirim ke Indonesia pada November 2021, mobil tersebut sudah ludes dipesan.

Apa saja keunggulan yang membuat GR Yaris dilirik banyak konsumen? Simak ulasan berikut.

Eksterior dan interior sporty

Jika menilik bagian eksterior, GR Yaris memiliki bodi yang cukup compact tetapi sporty. Mobil ini memiliki dimensi sepanjang 3.995 milimeter (mm) dengan lebar 1.805 mm dan tinggi 1.455 mm.