Kenapa Proses Coating di Motor Baru Lebih Cepat Dibanding Motor Berumur?

Mohammad Nurul Hidayah - Senin, 30 Agustus 2021 | 18:20 WIB

Ilustrasi coating bodi motor cat doff (Mohammad Nurul Hidayah - )

Gridoto.com - Mungkin ada yang penasaran, kenapa proses coating di motor baru bisa lebih cepat dibandingkan motor yang sudah berumur?

Setia Nugroho, Outlet Manager SCT Galaxy Bekasi, workshop spesialis detailing dan coating motor kasih penjelasan soal perbedaan lama proses pengerjaan ini.

Menurut Setia, memang ada perbedaan waktu yang lumayan banyak antara proses coating di motor baru dan coating di motor yang sudah berumur.

"Kalau di motor baru prosesnya bisa selesai 2-3 jam, di motor yang sudah berumur bisa memakan waktu 3-4 jam," ujar Setia yang workshopnya di Jl. Boulevard Raya Galaxy RGA 73 Grand Galaxy City, Jaka Setia, Bekasi, Jawa Barat.

Baca Juga: Apa Efeknya Coating Cover Body Motor Berwarna Doff, Jadi Mengkilap?

Setia menuturkan kalau perbedaan lama proses pengerjaan coating antara motor baru dan berumur bisa terjadi karena kondisi motor.

"Kalau motor baru kan kondisi cat dan cover body masih mulus, jadi tidak butuh banyak treatment. Kalau motor yang berumur umumnya cat dan cover body sudah banyak goresan dan jamur," yakin Setia.

istimewa
Tersedia juga paket coating (laminating) untuk melindungi dan mengilapkan bagian cat bodi

Pada cat yang sudah banyak goresan dan jamur, noda goresan dan jamur harus dihilangkan atau disamarkan terlebih dahulu dengan cara dipoles.

Nah, jika goresan atau jamurnya banyak, otomatis pengerjaannya membutuhkannya waktu yang lebih lama pula.