Banyak Kecelakaan di MotoGP, Tikungan di Red Bull Ring Diubah Seperti Ini

Fendi - Jumat, 13 Agustus 2021 | 17:51 WIB

Rencananya akan dibangun chicane di tikungan 2 Red Bull Ring, sirkuit yang dipakai untuk balap F1 dan MotoGP (Fendi - )


GridOto.com –  Banyak pembalap mengkritik Red Bull Ring yang dipakai di balapan MotoGP setelah terjadi sejumlah kecelakaan. Bahkan Valentino Rossi menyebut Red Bull Ring sebagai sirkuit berbahaya.

Red Bull Ring saat ini digunakan untuk menggelar balap Formula 1 dan MotoGP.

Tikungan 3 menjadi perhatian para pembalap, terutama setelah terjadi crah parah tahun lalu dan juga saat MotoGP Styria 2021 pekan kemarin.

Nah, pada hari ini, Jumat (13/6/2021), Red Bull Ring telah mengungkapkan desain chicane yang akan dibangun untuk MotoGP tahun depan.

Chicane adalah tikungan ganda yang dapat mengurangi kecepatan laju pembalap.

Nah, chicane ini akan dibuat di tikungan tikungan 2 Red Bull Ring.

Selama ini tikungan 2 merupakan bagian dari jalur cepat dan menanjak di ujung trek utama yang lurus menuju ke hairpin di tikungan 3.

MotoGP
Layout Red Bull Ring tempat digelarnya MotoGP Styria dan MotoGP Austria

Chicane baru dimaksudkan untuk memperlambat laju motor dan dengan demikian mengurangi kemungkinan insiden lain yang mirip dengan crash horor tahun lalu dialami Johann Zarco dan Franco Morbidelli.

Baca Juga: Dani Pedrosa Crash Mengerikan di MotoGP Styria 2021, Jorge Martin Berharap Sirkuit Red Bull Ring Diubah

Baca Juga: Banyak Kecelakaan, Valentino Rossi Sebut Red Bull Ring Sebagai Sirkuit 'Berbahaya'

“Red Bull Ring telah menjadi tuan rumah Formula 1 sejak 2014 dan kejuaraan dunia balap motor sejak 2016,” bunyi pernyataan dari sirkuit, dikutip GridOto.com dari speedcafe.com.

“Untuk lebih meningkatkan daya tarik dan keamanan sirkuit Grand Prix Austria, sebuah chicane akan dibangun di area tikungan kedua berkoordinasi dengan FIA dan Formula One Group serta FIM, Dorna dan AMF,” lanjutnya.

"Pekerjaan konstruksi yang diperlukan akan dimulai pada November dan berlanjut selama musim dingin sehingga Red Bull Ring dapat memulai musim 2022 dengan tata letak trek baru untuk seri balap roda dua," demikian bunyi pernyataan itu.

Akhir pekan ini, Red Bull Ring kembali mebggelar balap untuk MotoGP Austria 2021 (13-15 Agustus).