Dianggap Sukses, Sprint Race Tidak Akan Digelar di Semua Sirkuit F1 Tahun Depan

Fendi - Minggu, 8 Agustus 2021 | 14:45 WIB

Max Verstappen menjadi pembalap tercepat pada sprint qualifying yang pertama kali diuji coba di F1 Inggris 2021 (Fendi - )


GridOto.com – Formula 1 telah menguji coba format baru balap F1 dengan diadakannya sprint qualifying atau sprint race di GP F1 Inggris 2021, Sabtu, 17 Juli lalu. Bagaimana ke depannya?

Seteleh di sirkuit Silverstone (Inggris), sprint race akan digelar juga di Monza di akhir pekan F1 Italia dan Interlagos di Brasil.

Jika dianggap sukses, sprint race akan dilombakan secara teratur tahun depan.

CEO Formula 1 Stefano Domenicali kasih tahu lebih banyak mengenai rencana masa depan sprint qualifying ini.

“Kami telah mengatakan bahwa kami ingin melakukan tiga tes, satu telah dilakukan di Silverstone, satu lagi akan di Monza. Lainnya akan dilakukan pada akhir musim di Brasil,” kata Stefano Domenicali, dikutip GridOto.com dari gpblog.com (6/8/2021).

“Setelah tes ini berakhir, kami punya rencana untuk melihat apa yang akan menjadi langkah selanjutnya,” imbuh mantan bos tim Ferrari ini.

Ia mengaku, setelah melihat sprint race pertama di Silverstone, respons yang dia dapatkan, dari pembalap, dari tim, media, sangat positif.

Stefano Domenicali juga menyebut, sprint qulifying di F1 Inggris 2021 itu telah menarik perhatian, minat TV, dan juga mitra mereka.

Menurut pria yang menjadi CEO Formula One Group mulai tahun 2021 ini menggantikan Chase Cary ini, hal itu akan berpengaruh keuangan di balap F1 ini menjadi positif.

Baca Juga: Ini Keunggulan Max Verstappen Menang Sprint Qualifying F1 Inggris 2021

Baca Juga: Biar Lebih Seru, Bakalan Ada Poin Lebih Banyak Diperebutkan di Sprint Race F1 Tahun Depan

Mulai 2022 dan seterusnya, Formula 1 ingin memfokuskan acara sprint race hanya pada 'balapan bersejarah'.

Tetapi Stefano Domenicali menjelaskan bahwa tidak ada rencana untuk memperkenalkan sprint race di setiap akhir pekan balapan, karena beberapa sirkuit tidak cocok untuk itu.

"Kami memiliki rencana untuk masa depan, tentu saja, kami sedang mengembangkan itu, kami menyempurnakan (setelah) beberapa komentar yang kami terima,” sebutnya.

“Ke depannya, tidak akan setiap balapan. Kami memiliki ide untuk membuat format khusus untuk Grand Prix bersejarah tertentu, dan penghargaan khusus tertentu yang ingin kami tawarkan, dan menambah platform F1 yang sudah luar biasa", pungkas Stefano Domenicali.