Daihatsu Sebut PPKM Mikro Akan Berdampak Terhadap Penjualan, Bagaimana dengan Produksi?

Wisnu Andebar - Selasa, 22 Juni 2021 | 16:20 WIB

Daihatsu Xenia (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Pemerintah kembali memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro selama dua minggu ke depan, terhitung mulai 22 Juni hingga 5 Juli 2021.

Dengan adanya aturan ini, pembatasan sejumlah kegiatan kembali diperketat guna menekan angka penyebaran Covid-19 yang terus meningkat.

Menanggapi hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengklaim PPKM Mikro akan berpengaruh ke penjualan mobil nasional.

"Secara umum hampir semua bisnis menurun dengan pemberlakuan PPKM Mikro, termasuk otomotif," kata Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication ADM kepada GridOto.com, Selasa (22/6/2021).

Baca Juga: Harga Mobil Bekas Daihatsu Gran Max Rp 50 Juta, Dapat Tahun 2008

Amel menjelaskan, untuk saat ini pihaknya belum bisa memprediksi seberapa besar penurunan penjualan yang akan terjadi selama aturan tersebut berlaku.

"Kami masih terus monitor seberapa besar penurunan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) karena adanya aturan ini," paparnya.

Lebih lanjut, Amel mengungkapkan bahwa untuk aktivitas produksi tetap dapat berjalan seperti biasa dan tidak terdampak aturan PPKM Mikro.

"Work form home (WFH) 75 persen untuk office staff. Untuk produksi karena otomotif masuk dalam industri strategis, Daihatsu masih berproduksi normal," sebutnya.