Teknologi Mobil Listrik Hyundai Kona Punya Fitur Safe Exit Warning, Ini Cara Kerjanya

Aries Aditya Putra - Jumat, 18 Juni 2021 | 18:12 WIB

Hyundai Kona Electric (Aries Aditya Putra - )



GridOto.com – Teknologi Mobil Listrik dari Hyundai yakni Kona Electric sudah dilengkapi dengan fitur Safe Exit Warning.

Sesuai namanya, fitur Safe Exit Warning yang ada di Hyundai Kona Electric hanya memberi peringatan saat ada yang membuka pintu namun ada kendaraan dari arah belakang.

Fitur di Hyundai Kona Electric memanfaatkan sensor-sensor yang juga digunakan untuk fitur Blind-spot Collision-Avoidance Assist dan Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist.

Cara kerjanya, ketika ada kendaraan yang berjalan dari arah belakang, dan pintu coba dibuka, maka akan ada peringatan berupa suara "bip-bip" serta visual di panel instrumen.

Panel instrumen akan mengeluarkan gambar dengan tulisan 'Watch for traffic' yang berarti perhatikan lalu-lintas sambil memberi petunjuk sisi mana asal kendaraan datang.

Aries Aditya
Hyundai Kona Electric punya fitur Safe Exit Warning

Baca Juga: Teknologi Mobil Listrik Hyundai Kona Bisa Donor Daya Baterai

Teknologi ini sedikit berbeda dengan yang ada di Hyundai Palisade dan juga Santa Fe.

Di Palisade dan Santa Fe fiturnya bernama Safe Exit Assist. Sama-sama memanfaatkan sensor seperti Kona Electric, hanya saja fitur ini bisa mencegah pintu terbuka.

Hal ini karena Palisade dan Santa Fe sudah dilengkapi fitur child lock electric. Sehingga ketika misalnya anak kecil akan membuka pintu belakang namun ada kendaraan dari arah belakang, pintu tidak akan terbuka karena child lock dalam kondisi aktif.

Namun begitu kendaraan sudah lewat, pintu bisa terbuka secara normal.