Tesla Akan Pasang Kamera Khusus di Kabin Model 3 dan Y, Buat Apa?

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 3 Juni 2021 | 13:05 WIB

Ilustrasi kabin Tesla Model 3 (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Tesla berencana memasangkan kamera khusus di kabin Model 3 dan Model Y.

Hal tersebut dilakukan lantaran sering ditemukannya aksi nyeleneh dan berbahaya yang dilakukan para pengemudi mobil listrik Tesla ketika fitur autopilot diaktifkan.

Sebut saja perilaku pengemudi yang sengaja melepas kemudi, tertidur atau bahkan duduk di kursi belakang saat menggunakan fitur autopilot.

Melansir dari CNBC.com, Dewan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB), bahkan sempat memberikan peringatan kepada Tesla terkait masalah ini.

Baca Juga: Distribusi Dimulai Tahun Ini, Pesanan Tesla Cybertruck Makin Membludak

Mengingat penyalahgunaan fitur autopilot jadi salah satu penyebab banyaknya insiden kecelakaan mobil listrik Tesla yang merenggut korban jiwa di Amerika Serikat.

Dengan hadirnya kamera khusus di Tesla Model 3 dan Model Y nanti, setidaknya bisa membuat para pengemudi lebih fokus saat berkendara.

Kamera tersebut nantinya tidak ditugaskan untuk merekam kegiatan para pengemudi Tesla ketika berkendara, yang mana itu melanggar aturan hukum privasi di Amerika Serikat.

Kamera ini nantinya akan terhubung dengan sistem khusus di setir kemudi Model 3 dan Model Y.

Kombinasi itu disebutkan akan memaksa para pengemudi untuk fokus dan tangan mereka tetap memegang kemudi saat berkendara.

Sayangnya, pabrikan mobil listrik asal Negeri Paman Sam ini tidak memberikan detail terkait cara kerja kamera dan sistem khusus yang nantinya dipasangkan di Model 3 dan Model Y.

Baca Juga: 30 Pemilik Model S dan X Lawas Layangkan Tuntutan ke Tesla, Apa Sih Duduk Masalahnya?

Untuk sekarang, Tesla perlu mengajukan proposal untuk pengujicobaan kamera dan sistem khusus di Model 3 dan Model Y kepada NTSB.

Langkah ini dilakukan untuk memenuhi standar keselamatan berkendara yang ditetapkan NTSB di Amerika Serikat.