Jangan Asal, Posisi Barang Harus Benar Saat Ingin Dibawa di Motor Matic

Muhammad Farhan - Senin, 10 Mei 2021 | 09:40 WIB

Alat elektronik bisa disimpan di dalam laci penyimpanan motor (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Jangan asal taruh, begini cara menempatkan barang yang benar sesuai dengan jenis dan peruntukkannya di motor.

Contoh barang yang biasa dibawa saat bermotor adalah toolkit, jas hujan, helm, pakaian, alat elektronik, atau makanan dan minuman.

Jika tidak diatur dengan benar, barang-barang yang dibawa bisa bepeluang rusak karena tercampur atau terkontaminasi barang lainnya.

“Barang bawaan seperti makanan dan minuman sebaiknya dipisahkan dengan barang lain. Bisa diletakkan di gantungan barang atau dititipkan ke penumpang belakang,” ujar Agus Sani, Head of Safety Riding Promotion Wahana Makmur Sejati.

Baca Juga: Ada Aturannya, Tonton Yuk Tips Membawa Barang di Motor yang Aman

Sebab jika digabung dengan barang lain di bagasi, risikonya bisa rusak atau mengotori barang bawaan lainnya.

Selain itu, bagasi jok sifatnya panas karena dekat dengan mesin, dan sebagian motor tempatnya bersebelahan dengan tangki bensin yang tidak baik buat makanan.

F Yosi/otomotifnet.com
Ilustrasi menyimpan barang di bagasi motor

“Untuk barang selain makanan dan minuman, bisa diletakkan di bagasi jok atau box belakang tambahan supaya enggak khawatir tercecer,” jelasnya.

Khusus alat elektronik, sebaiknya simpan di laci dek depan atau tempat dimana tersedia lubang pengisian daya karena tentu lebih aman.

 Baca Juga: Video Manajemen Barang Saat Bepergian Jauh, Membawa Bawaan Juga Ada Hitunganya Sob!