Libur Panjang Macet Parah, Jasa Marga Berlakukan Contraflow di Tol Japek

M. Adam Samudra - Jumat, 2 April 2021 | 09:45 WIB

Sistem contra flow dilakukan untuk mengurai kemacetan (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Beberapa ruas jalan tol mengalami kemacetan saat libur panjang Paskah yang jatuh pada hari ini, Jumat (2/4/2021).

Salah satunya yakni di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) arah Cikampek.

Menindaklanjuti kepadatan tersebut, Jasa Marga pun langsung berlakukan Contraflow dari KM 47 sampai dengan KM 61.

"Jasa Marga atas diskresi kepolisian sudah berlakukan rekayasa lalu lintas contraflow mulai dari KM 47 sampai dengan KM 61 arah Cikampek sejak pukul 03.40 WIB," kata Widiyatmiko Nursejati General Manager Representative Office 1 Jasamarga Transjawa, Selasa (2/4/2021).

Baca Juga: Waspada Macet, Jasa Marga Bakal Lakukan Rekonstruksi Perbaikan di Simpang Susun Cikunir Sepanjang 95 Meter

Widiytmiko menjelaskan, dengan diberlakukannya  contraflow, diharapkan dapat mencairkan kepadatan yang terjadi di Ruas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Selain itu, Jasa Marga mengklaim telah mempersiapkan sejumlah upaya peningkatan layanan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai Surat Edaran Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat No. 07/SE/M/2020.

"Jasa Marga meningkatkan kapasitas layanan di GT dengan menyiapkan Mobile Reader dan memastikan gardu transaksi beroperasi penuh," imbuhnya.

Ia pun mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar memastikan kendaraan dalam keadaan prima, saldo uang elektronik cukup, mengisi bahan bakar sebelum memulai perjalanan serta membawa bekal untuk menghindari kerumunan atau kepadatan di rest area.

Baca Juga: Siap-siap, Jasa Marga Akan Uji Coba Rekayasa Lalin di Jalan tol Jagorawi Arah Jakarta

"Selalu berhati-hati dalam berkendara, patuhi rambu-rambu dan ikuti arahan petugas di lapangan. Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga dapat diakses melalui One Call Center 24 jam di nomor 14080," tutupnya.