Supaya Hasil Maksimal, Begini Cara Pakai Cat Semprot yang Benar

Muhammad Farhan - Jumat, 26 Maret 2021 | 18:40 WIB

Ilustrasi cat bodi motor pakai cat semprot (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Supaya hasilnya maksimal dan rapi layaknya pakai cat kompresor, begini cara pakai cat semprot yang benar saat mengecat bodi motor.

Dibandingkan pakai cat kompresor, cat ulang bodi motor pakai cat semprot kaleng memang lebih praktis karena tidak perlu alat khusus.

Namun jika salah langkah, pakai cat semprot kalengan berisiko bikin tampilan bodi motor jadi tampak bertekstur kasar seperti kulit jeruk.

“Hal ini disebabkan karena tekanan dari cat semprot tidak konstan layaknya cat kompresor, sehingga berpeluang bikin hasil semprotan cat tidak merata kalau tekniknya salah,” ungkap Septian, owner bengkel DCS Auto, Tangerang, Banten.

 Baca Juga: Mau Awet? Jangan Lewati Tahap Ini Saat Cat Ulang Dek Bertekstur Kulit Jeruk

Meskipun persiapan dan alat yang diperlukan cat kompresor lebih rumit, namun proses pengecatannya justru lebih mudah dari cat semprot.

Karena tekanan yang stabil, proses cat ulang bodi motor pakai cat kompresor bisa lebih mudah dan hasilnya bisa maksimal.

Dok. GridOto
Ilustrasi cat kompresor di bodi motor

Namun buat kalian yang ingin cat ulang bodi motor pakai cat semprot kalengan, ada triknya supaya tekanan semprotan bisa tetap konsisten.

“Supaya semprotannya tetap stabil, harus sering mengocok kaleng cat saat proses pengecatan dilakukan,” jelasnya.

Baca Juga: Proses Press Pelek Bakal Merusak Cat? Begini Jawaban Bengkel Spesialis