Pelanggaran-pelanggaran Ini Bikin Pengguna Jalan Tol Bisa Kena Sanksi Denda yang Serius, Apa Saja Itu?

Ruditya Yogi Wardana - Kamis, 18 Februari 2021 | 13:37 WIB

Satu mobil tertahan karena melanggaran aturan jalan tol di pintu tol Sidomulyo, Lampung Selatan, Minggu (14/02/2021) lalu. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Perilaku-perilaku yang merujuk pada pelanggaran aturan di jalan tol tentunya akan berujung pada pemberian sanksi denda serius.

Contohnya pengguna jalan tol yang tertahan di pintu tol Sidomulyo, Lampung Selatan karena menggunakan satu kartu e-toll untuk dua kendaraan.

Pada akhirnya pelanggar dikenakan denda dua kali lipat tarif terjauh ruas tol yang sama sebesar Rp 556 ribu.

Bicara soal sanksi denda pelanggaran aturan di jalan tol sejatinya sudah tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2005 tentang Jalan Tol pasal 86.

Baca Juga: Gara-gara Penyalahgunaan Kartu E-toll, Suzuki Futura Tertahan di Pintu Tol Sidomulyo, Ini Kronologinya

Pada pasal 86 ayat 2 disebutkan bahwa ada tiga jenis pelanggaran atau perilaku yang membuat pengendara kendaraan di jalan tol dikenakan sanksi denda sebesar dua kali tarif tol jarak terjauh.

Tiga pelanggaran atau perilaku yang dimaksud yakni pengguna jalan tol tidak bisa menunjukkan bukti tanda masuk jalan tol pada saat membayar tol.

Kompas.com
Ilustrasi pembayaran tarif jalan tol pakai kartu e-toll.

Kemudian pengguna jalan tol kedapatan menunjukkan bukti tanda masuk yang rusak pada saat membayar tol.

Terakhir, pengguna jalan tol tidak dapat menunjukkan bukti tanda masuk yang benar atau sesuai dengan arah perjalanan pada saat membayar tol.