Seksi 1 dan 5 Hampir Rampung, Jalan Tol Balikpapan-Samarinda Ditargetkan Dapat Beroperasi Penuh Pada Pertengahan 2021

Muhammad Ermiel Zulfikar - Senin, 25 Januari 2021 | 19:05 WIB

Pintu masuk Jalan Tol Balikpapan-Samarinda. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com - PT Jasamarga Balikpapan-Samarinda (JBS) selaku pengelola Jalan Tol Balikpapan-Samarinda, menargetkan jalan tol tersebut dapat beroperasi secara penuh pada pertengahan 2021 nanti.

Hal itu ditandai dengan hampir rapungnya pembangunan dua seksi terakhir, yakni Seksi 1 Balikpapan (Km 13)-Samboja sepanjang 22,03 Km dan Seksi 5 Sepinggan-Balikpapan (Km 13) 11,09 Km.

S.T.H Saragi, Direktur Utama JBS menjelaskan, secara keseluruhan progres pembebasan lahan untuk Seksi 1 dan Seksi 5 telah mencapai 99,97 persen dan konstruksinya telah mencapai 99,93 persen.

Baca Juga: Proyek Pembangunan Ruas Jalan Tol Indralaya-Prabumulih Terus Digenjot, Target Selesainya Kapan? 

"Saat ini sisa pekerjaan berupa perbaikan penurunan badan jalan di Sta 2+600 Seksi 5, perbaikan tanah dasar panel 2 dan 3 Seksi 1, dan perkuatan timbunan abutment box traffic di Sta 22+050," jelas Saragi dalam siaran resmi yang dikirimkan Jasa Marga, Senin (25/1/2021).

"Kami terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah terkait percepatan penyelesaian Seksi 1 dan Seksi 5, karena berkaitan dengan pekerjaan konstruksi yang masuk dalam lingkup Pemerintah," imbuhnya.

Dok. Jasa Marga
Jalan Tol Balikpapan-Samarinda.

Saragi mengungkapkan, dengan rampungnya dua seksi terakhir ini maka akan melengkapi tiga seksi yang telah beroperasi sebelumnya pada Desember 2019 lalu.

Sehingga jalan tol tersebut nantinya bisa beroperasi penuh dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mempercepat mobilitasnya.