VR46 Riders Academy Jadi Salah Satu Penghasil Pembalap Muda Bertalenta, Memang Seperti Apa Sih Latihan di Sana? Ini Kata Franco Morbidelli

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 24 Januari 2021 | 12:35 WIB

Valentino Rossi dan Franco Morbidelli saat balapan satu lawan satu di Moto Ranch VR46 Riders Academy. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Tangan dingin Valentino Rossi di VR46 Riders Academy dalam mencetak pembalap muda bertalenta memang tidak bisa dianggap remeh.

Beberapa di antara murid Valentino Rossi bahkan sempat mencicipi gelar juara dunia Moto2, yakni Francesco Bagnaia dan Franco Morbidelli yang kini berlaga di kelas MotoGP.

Kesuksesan kedua pembalap jebolan VR46 Riders Academy ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi sang mentor.

Lantas, seperti apa sih suasana latihan di VR46 Riders Academy yang menempa talenta Bagnaia dan Morbidelli hingga sekarang?

Baca Juga: Tim Petronas Yamaha Berusaha Dapatkan Motor Pabrikan Buat Franco Morbidelli

Franco Morbidelli mengatakan, akademi binaan Valentino Rossi ini menggunakan balap flat track untuk menempa dirinya dan para pembalap lainnya.

"Latihan balap flat track sangat penting, karena membuat pembalap terfokus pada roda belakang dan kondisi motor yang menyamping. Kalau sudah terbiasa, pembalap tidak akan takut saat menghadapinya di balapan sesungguhnya," ungkap Morbidelli, dikutip dari GPOne.com.

Youtube/Dainese
Salah satu murid binaan Valentino Rossi, Franco Morbidelli.

Selain itu, ada hal penting yang harus diketahui yakni semua pembalap yang tergabung di VR46 Riders Academy jadi teman satu sama lainnya.

Dengan adanya suasana pertemanan yang kuat, maka suasana saat latihan di trek Moto Ranch milik Valentino Rossi jadi semakin menyenangkan.

"Latihan bersama teman-teman di akademi ini terasa menyenangkan sekaligus menantang. Level persaingan di sini sangat tinggi, sehingga membuat kami saling mendorong satu sama lain agar semakin berkembang," sebut murid The Doctor ini.

Baca Juga: Tidak Pernah Kuliah, Ternyata Valentino Rossi Punya Gelar dari Universitas