Pengerjaan Jalan Tol Pekanbaru-Bangkinang Sudah Setengah Jadi, Kapan Selesainya?

Ruditya Yogi Wardana - Sabtu, 23 Januari 2021 | 13:28 WIB

Jalan tol Pekanbaru-Bangkinang (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Pembangunan jalan tol yang menghubungkan wilayah Pekanbaru dan Bangkinang, Riau dikabarkan mengalami kemajuan di awal 2021.

PT Hutama Karya (Persero) selaku pihak yang terlihat dalam proyek jalan tol Pekanbaru-Bangkinang mencatatkan pembangunan sudah mencapai 56 persen.

"Pembangunan konstruksi jalan tol Pekanbaru-Bangkinang cukup progresif," ungkap Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Muhammad Fauzan, dikutip dari Kompas.com, Jumat (22/01/2021).

Fauzan menambahkan, kemajuan pesat dari proyek jalan tol sepanjang 40 km ini tidak lepas dari peran PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI).

Baca Juga: Sejarah Pembangunan Jalan Tol di Indonesia Dari Pertama Kali Beroperasi Sampai Penghujung 2020

Pasalnya, PT HKI terus berusaha untuk mempercepat selesainya jalan tol yang menghubungkan Pekanbaru dan Bangkinang itu.

Selain pembangunan, proses pembebasan lahan, seperti pemberian uang ganti rugi pada masyarakat dengan metode pembayaran langsung yang dilakukan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) oleh Kementerian PUPR juga masih terus berjalan.

Dengan begitu, pengerjaan jalan tol Pekanbaru-Bangkinang bisa ditargetkan selesai pada 2021 ini.

Meski pengerjaan sudah semakin maju, ternyata proses pembangunan jalan tol tersebut punya tantangan tersendiri, salah satunya faktor cuaca.

"Intensitas curah hujan tinggi membuat tim proyek harus melakukan sejumlah pekerjaan untuk menangani tanah yang basah," kata Direktur Utama PT HKI, Aji Prasetyanti.

Baca Juga: Patok Jalan Tol Yogyakarta-Bawen Sudah Resmi Dipasang, Kapan Pembangunannya Bisa Dimulai?