Minat Beli Yamaha MT-25 Bekas? Periksa Bagian Kelistrikan Khususnya Part Ini

Muhammad Farhan - Senin, 11 Januari 2021 | 15:40 WIB

Yamaha MT-25 seken (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Berminat memboyong Yamaha MT-25 bekas? Waspada dan jangan lupa periksa kondisi sektor kelistrikan di motor.

Selain kondisi bodi dan mesin, bagian kelistrikan terkadang luput dilakukan pemeriksaan saat membeli motor bekas.

Nah pada Yamaha MT-25 dan YZF-R25 yang punya basis serupa, bagian kiprok harus dapat perhatian lebih apalagi di motor yang sudah berumur.

“Kalau kiprok bermasalah, gejalanya biasa muncul kode 46 di panel instrumen. Namun sebaiknya cek langsung fisik kiprok untuk memastikan kondisinya,” jelas Alonso Lee, owner bengkel Too Speed Motor, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Bikers Harus Tahu! Ini Khasiat Dan Efek Samping Sabun Colek Buat Cuci Motor

Selain itu, masalah di kiprok membuat proses pengisian aki terganggu dan bikin aki gampang tekor meski sudah diganti baru.

Lokasi kiprok di motor sendiri letaknya dibalik jok, bisa diperiksa dengan cara melihat kondisi soket dan meraba suhu kiprok dengan cara menghidupkan motor.

kaskus
Soket kiprok gosong di Yamaha MT-25, sebaiknya soket diganti baru

“Kalau soket kiprok sudah tampak gosong atau suhu kiprok tetap adem saat mesin hidup, kondisi kiprok perlu dicurigai,” lengkapnya.

Nah buat motor yang kondisinya pernah atau ada modifikasi kelistrikan, harus lebih waspada karena lebih rentan bermasalah.

Baca Juga: Prinsip Kerjanya Sama, Ini Jenis Kunci Kontak Magnet Yang Ada di Motor