Street Manners: Tips Aman Berkendara Lewati Jalan Berlubang, Kalau Mau Diterabas, Begini Caranya!

Muslimin Trisyuliono - Minggu, 10 Januari 2021 | 17:34 WIB

Ilustrasi Jalan Berlubang (Muslimin Trisyuliono - )

GridOto.com - Sering berkendara menggunakan sepeda motor, kini kalian perlu ekstra waspada nih dengan cuaca hujan yang berlangsung terus menerus belakangan ini.  

Pasalnya genangan air setelah hujan bisa merusak lapisan aspal sehingga menimbulkan lubang, bahkan bisa membahayakan para bikers yang melintas.

Lantas bagaimana cara berkendara aman melewati jalan yang rusak atau berlubang ketika memasuki musim hujan seperti ini?

Sony Susmana, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan ketika berkendara dan menemukan jalan rusak atau berlubang perlu memperhatikan keseimbangan motor karena rawan selip atau tergelincir.

Baca Juga: Lebih Licin Jalan Aspal Atau Cor Saat Bawa Motor di Musim Hujan?

Serta waspada terhadap pengendara di sekitar ketika menemukan jalan berlubang.

"Perhatikan kondisi kendaraan yang ada di belakang lewat spion untuk mengurangi kecepatan sebelum melibas jalan jelek, pastikan kendaraan yang ada di belakangnya dapat tercapai kecepatan yang seirama," Buka Sony kepada GridOto, Minggu (10/01/2021).

Kemudian untuk menjaga keawetan spare part kendaraan supaya tidak cepat rusak, ketika melewati jalan berlubang ia menyarankan untuk melaluinya dengan kecepatan serendah mungkin.

Selain itu, ia melanjutkan pengendara harus pintar memilih area yang aman agar motor dapat melintas dengan halus dan aman.

Baca Juga: Sering Bikin Motor Mati Saat Hujan, Ini Penyebab Cop Busi Getas dan Retak

"Keseimbangan motor meliputi kemampuan pengendara dalam berzig zag dengan kecepatan yang pelan, sehingga motor mampu melaju tanpa harus terjatuh." tambahnya.

Untuk pengendara, Sony menegaskan dalam kondisi darurat ketika menemukan jalan yang rusak jangan asal menghantam lubang yang genangan air.

"Penting juga menjaga emosi agar tidak asal terabas, apalagi lubang tersebut tertutup genangan air yang keruh sehingga kedalamannya tidak terdeteksi," ungkapnya.

Sony membeberkan jika kalian membawa barang pastikan terikat dengan sempurna supaya tidak kehilangan kendali yang menyebabkan pengendara terjatuh.

Baca Juga: Tips Mudah Melindungi Mesin Motor dari Korosi Selama Musim Hujan

Kemudian apabila pengendara motor membawa penumpang pastikan boncenger memberi informasi kondisi sekitar sebagai detektor untuk berjaga-jaga.

Kayak co-driver di reli saja ya?