Lebih dari 125 Ribu Kendaraan Menuju Jakarta Via Tol Pada Hari Pertama Arus Balik libur Natal 2020

Muhammad Ermiel Zulfikar - Minggu, 27 Desember 2020 | 16:30 WIB

Ilustrasi. Kendaraan yang melintas dari Gerbang Tol Cikampek Utama I selama arus balik libur Natal 2020. (Muhammad Ermiel Zulfikar - )

GridOto.com -  PT Jasa Marga (Persero) mencatat lebih dari 125 ribu kendaraan menuju arah Jakarta via tol, pada hari pertama arus balik libur Natal 2020 atau Sabtu (26/12).

Angka tersebut merupakan kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari beberapa Gerbang Tol (GT) Barrier/Utama, yakni GT Cikampek Utama dan GT Kalihurip Utama (arah Timur), GT Cikupa (arah Barat) dan GT Ciawi (arah Selatan).

"Sebanyak 125.217 kendaraan menuju Jakarta pada hari pertama arus balik libur Natal (26 Desember 2020)," ujar Dwimawan Heru, selaku Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga dalam siaran resminya, Minggu (27/12/2020).

"Total volume lalin yang menuju Jakarta ini turun sebesar 2,2 persen jika dibandingkan saat kondisi new normal," imbuhnya.

Baca Juga: Korlantas Polri Prediksi Ada Dua Periode Puncak Arus Mudik Libur Akhir Tahun, Catat Tanggalnya 

Sementara untuk distribusi lalu lintas menuju Jakarta dari ketiga arah tersebut, ia mengungkapkan bahwa sebagian besar kendaraan datang dari arah timur atau sebanyak 48,96 persen.

Sedangkan sisanya yakni 29,84 persen dari arah Barat dan 21,19 persen dari arah Selatan.

Lebih lanjut, Heru juga memprediksi bahwa puncak arus balik libur Natal 2020 bakal terjadi pada hari ini atau Minggu (27/12).

"Jasa Marga mengimbau kepada pengguna jalan tol agar dapat mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol. Hindari kembali ke Jakarta pada waktu puncak 27 Desember 2020 demi perjalanan yang lebih nyaman," tutur Heru lagi.

"Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, mematuhi protokol kesehatan (menggunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak) saat berada di Tempat Istirahat, isi BBM dan saldo uang elektronik yang cukup. Serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas serta istirahat jika lelah berkendara," pungkasnya.

Baca Juga: Jelang Libur Akhir Tahun 2020, Bisnis Sewa Bus Pariwisata Masih Loyo Dampak Pandemi Covid-19