Hari Ketiga Libur Panjang, Kepadatan Lalu Lintas Mulai Geser ke Kawasan Wisata, Begini Langkah Antisipasi dari Kemenhub

Ruditya Yogi Wardana - Jumat, 30 Oktober 2020 | 14:15 WIB

Ilustrasi kepadatan lalu lintas selama libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.comKepadatan lalu lintas terpantau mulai bergeser ke jalur menuju kawasan wisata pada hari ketiga libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW, Jumat (30/10/2020).

Apalagi dengan masih banyaknya kendaraan yang terpantau keluar dari wilayah Jakarta menuju arah Barat, Timur dan Selatan.

"Kami memantau adanya pergeseran kepadatan lalu lintas pada jalan tol menuju lokasi wisata," ucap Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Setiyadi, dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (30/10/2020).

Pihaknya pun sudah mempersiapkan langkah antisipasi untuk mencegah terjadinya kepadatan lalu lintas di sejumlah jalur menuju kawasan wisata.

Baca Juga: Macet saat Libur Panjang? Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Masuk Jalan Tikus

Seperti mengerahkan sejumlah petugas untuk mengatur lalu lintas di sejumlah titik pada jalur menuju kawasan wisata yang diperkirakan padat dengan kendaraan. 

"Kami juga sudah menyiapkan skenario agar tidak terjadi kemacetan parah," ujarnya.

Budi menambahkan, sejumlah personel Dinas Perhubungan juga dikerahkan untuk melakukan pengecekan protokol kesehatan secara acak pada bus jarak jauh yang melintas di jalur wisata.

Langkah ini dilakukan sebagai upaya pencegahan terjadinya penyebaran Covid-19 selama masa libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Libur Panjang, Lebih dari 330 Ribu Kendaraan Tercatat Tinggalkan Jakarta Lewat Jalan Tol

"Selain itu, kami juga masih membatasi jumlah penumpang untuk bus jarak jauh. Kapasitas rest area jalan tol juga kami batasi hanya 50 persen dari kapasitas maksimal," kata Budi.

Sekadar informasi, libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW berlangsung dari 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang.

Untuk arus balik, diprediksi terjadi pada 31 Oktober dan 1 November 2020 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW, Kendaraan Mulai Padati Jalan Menuju Lokasi Wisata