Ketatnya Persaingan MotoGP 2020 Bukan Cuma Karena Marc Marquez Absen tapi Juga Hal Ini

Naufal Nur Aziz Effendi - Minggu, 25 Oktober 2020 | 11:00 WIB

MotoGP 2020 kacau bukan karena Marc Marquez, Fabio Quartararo dan Andrea Dovizioso tuding Michelin jadi penyebabnya (Naufal Nur Aziz Effendi - )

GridOto.com - Cedera yang dialami Marc Marquez pada MotoGP Spanyol 2020 bulan Juli lalu menyebabkan masalah yang berbuntut panjang.

Tidak hanya membuat dirinya harus merelakan peluang juara dunia musim ini karena absen di banyak seri, tapi juga berpengaruh terhadap peta persaingan MotoGP 2020.

Seperti yang kita ketahui, sekarang ada delapan pembalap berbeda yang memenangkan 10 balapan sejauh ini, cukup seru.

Andrea Dovizioso yang berada di urutan keempat klasemen sementara hanya berselisih 15 poin dengan Joan Mir yang menempati puncak klasemen.

Baca Juga: Duo Marquez Berpisah di MotoGP 2021, Cal Crutchlow Katakan Alex Pantas di Repsol Honda

Melansir dari Autosport, Fabio Quartararo mengakui kalau performa Marc Marquez yang kencang di beberapa musim terakhir memang menjadi acuan dalam persaingan MotoGP.

"Bagi saya, ketika Marc berada di kejuaraan, Anda bisa melihat bahwa dia adalah pembalap yang sangat kuat," kata Quartararo saat diwawancarai dalam konferensi pers MotoGP Teruel 2020 beberapa waktu lalu.

Tapi karena Marc Marquez sudah absen di banyak seri, pembalap lain juga bisa dijadikan acuan bagi Fabio Quartararo untuk perbandingan perfroma.

"Bukannya kami melaju terlalu lambat dibanding tahun lalu, Anda bisa melihat banyak pemenang dalam kondisi berbeda. Saya pikir pembalap lain sudah sangat cepat," tambahnya.