BMW R 1250 RT Bersolek Jadi Makin Canggih, Ada Radarnya Sob!

Harry - Kamis, 22 Oktober 2020 | 16:00 WIB

BMW R 1250 RT 2021 (Harry - )

GridOto.com-BMW Motorrad kembali melakukan update produk-produk andalannya, kali ini giliran BMW R 1250 RT model 2021, yang merupakan sebuah motor touring kelas atas.

RT sendiri merupakan singkatan dari bahasa Jerman yakni reisetourer atau travel tourer, yang artinya motor ini memang diciptakan untuk menunjang perjalanan jauh.

BMW R 1250 RT model sebelumnya sendiri sudah dijual PT Maxindo Moto Nusantara, selaku APM resmi BMW Motorrad di Indonesia. Wah, tanda-tanda kalau model baru ini bakal rilis di Indonesia juga nih hehehe...

Nah, mending yuk kita lihat dulu apa saja yang baru dari BMW R 1250 RT model 2021 ini. Cekidot...

(Baca Juga: Tampang Bulldog Style, BMW F 900 R Punya Torsi Ganas, Tenaga Tembus 105 DK!)

Desain
Fascia depan dari model R 1250 RT 2021 ini berubah jadi lebih agresif, berkat penggunaan lampu desain terbaru. Kontras dari model yang saat ini beredar dengan lampu yang nampak melotot.

Lampu depannya tentu sudah LED projector, yang kini dilengkapi 4 buah lensa, yang terbagi dalam 2 buah reflektor dan bagian tengahnya ternyata juga berisi lampu LED tanpa projector.

Istimewa
Fascia depan BMW R 1250 RT 2021


Desain agresif juga hadir berkat lekuk bodi depan berukuran besar, yang banyak garis-garis tegasnya. Jadi semakin berkesan kokoh sob.

Bodi depan ini juga diracik ulang untuk memberikan efek aerodinamika lebih baik. Posisinya juga dibuat lebih rendah supaya pandangan rider lebih leluasa.

Bodi samping juga banyak garis-garis tegasnya, terlebih kini ada semacam sirip kecil tepat di bawah logo baling-baling khas BMW.

(Baca Juga: Harganya Kini Tembus Rp 500 Jutaan, Apa Saja Kecanggihan BMW F 750 GS?)

Layaknya sebuah motor touring, R 1250 RT ini dibekali tangki berkapasitas besar, yang punya lekuk menyatu dengan bodi depannya.

Mundur ke belakang, terdapat jok besar untuk riding sendiri atau berdua, rak untuk meletakkan barang serta sepasang side case.

Istimewa
Spidometer BMW R 1250 RT 2021


Fitur dan Teknologi
Ini yang termasuk dapat update paling banyak sob, makanya wajar kalau R 1250 RT 2021 jadi motor touring yang paling canggih deh.

Lampu depan LED tadi, juga disusupi teknologi Adaptive Turning Light, sorot lampu akan mengikuti arah setang baik saat lurus atau berbelok.

Kemudian sudah terpasang fitur Active Cruise Control, yang menggunakan radar untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depannya.

(Baca Juga: MotorSeken : BMW R nineT Eks Penyanyi Terkenal, Dijual Rp 638 Juta)

Teknologi ini disebut BMW sebagai Dynamic Cruise Control. Kinerjanya digabungkan dengan rem yang bisa berfungsi secara otomatis. Sudah macam mobil premium nih sob.

Selanjutnya ada Pro Riding Modes, yang salah satunya ada mode berkendara 'ECO' untuk mendapatkan efisiensi bahan bakar secara maksimal.

Istimewa
Pengaturan cruise control BMW R 1250 RT model 2021


Untuk menjaga roda belakang selip saat melakukan downshift secara cepat, terdapat fitur MSR yang memang sudah diterapkan pada beberapa motor BMW.

Ada lagi Dynamic Engine Brake Control untuk mengatur kekuatan engine brake. Kemudian rem dilengkapi dengan ABS Pro, untuk memberi efek pengereman sempurna.

Layar LCD berukuran 10,25 inci jelas mencuri perhatian pada area dashboard. Layar ini akan menampilkan beragam informasi terkait kondisi motor.

(Baca Juga: Lengkap Test Ride BMW R 1250 GS 2019 Pertama di Indonesia!)

Layar LCD tadi sudah terintegrasi dengan navigasi digital, yang bisa terkoneksi dengan smartphone. Ini jadi yang pertama untuk R 1250 RT.

Pastinya sudah dibekali USB port dengan kompartemen tertutup, untuk mencegah smartphone dari paparan matahari atau hujan. Aman sob.

Riding jauh bakal makin nyaman karena BMW membenamkan sistem audio 2.0, yang punya suara lebih jernih dari model sebelumnya.

Istimewa
BMW R 1250 RT model 2021


Mesin
Penggerak mekanis tipe flat twin atau boxer yang diusung R 1250 RT, punay kubikasi 1.254 cc berkat penggunaan piston ukuran 102,5 mm dan langkah piston 76 mm.

Tenaga yang mampu diraihnya mencapai 136 dk pada putaran 7.750 rpm, serta torsi puncak sampai 142,3 Nm pada putaran 6.250 rpm.

(Baca Juga: MotorSeken : Modal Rp 115 Juta, Bisa Dapat Motor Adventure BMW Termurah)

Mesin ini sudah pakai teknologi yang disebut shiftcam, dengan dua profil noken as pada tiap siindernya.

Teknologi ini mampu memvariasikan buka-tutup katup pada intake, sehingga mampu memberikan output tenaga dan torsi yang merata ditiap putaran mesin.

Hmmm...Desain baru, fitur semakin canggih, layak ditunggu nih kehadirannya di Indonesia.