Berminat Yamaha R25? Segini TCO yang Harus Dikeluarkan Selama Setahun

Muhammad Rizqi Pradana - Rabu, 30 September 2020 | 19:01 WIB

Berminat membeli Yamaha R25? Cek dulu TCO-nya, Segini kira-kira biaya kepemilikannya selama setahun. (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto,com - Sebagai salah satu motor yang mendominasi segmen sport fairing, Yamaha R25 kerap menjadi pilihan para bikers yang ingin naik kelas dari motor sport 150 cc.

Banderol Yamaha R25 juga cukup kompetitif dengan kompetitornya di kelas sport fairing 250 cc 2 silinder, yaitu Rp 61,665 juta OTR Jakarta untuk tipe standar.

Tapi harga beli bukanlah satu-satunya pertimbangan konsumen sebelum membeli motor, biaya Total Cost of Ownership atau TCO juga kerap diperhitungkan.

Pasalnya, TCO menggambarkan seberapa besar biaya yang wajib dikeluarkan konsumen selama setahun penggunaan.

Baca Juga: Biaya Servis Termurahnya Kurang dari Rp 300 Ribu, Segini Kira-kira Biaya Servis Ringan Yamaha R25 Selama Setahun

Biaya wajib yang harus dikeluarkan selama setahun itu adalah biaya servis dan sparepart, pajak kendaraan bermotor atau PKB, dan biaya bahan bakar.

Hitung-hitungan di bawah didasari oleh asumsi bahwa sebuah sepeda motor rata-rata akan menempuh jarak sekitar 20 ribu kilometer dalam setahun.

GridOto.com
Berminat membeli Yamaha R25? Cek dulu TCO-nya, Segini kira-kira biaya kepemilikannya selama setahun.

Berdasarkan data dari bengkel resmi Yamaha, pemilik Yamaha R25 perlu merogoh kocek sekitar Rp 2,071 juta selama satu tahun untuk biaya servis ringan dan sparepart.

Perlu dicatat, total tersebut merupakan biaya servis di tahun kedua dan seterusnya saat pemilik sudah tidak mendapatkan gratis biaya jasa servis.