Street Manners: Berkendara Saat Hujan Wajib Pakai Alas Kaki yang Sesuai, Jangan Sampai 'Nyeker' Sob!

Muhammad Mavellyno Vedhitya - Rabu, 30 September 2020 | 13:08 WIB

Ilustrasi berkendara saat hujan (Muhammad Mavellyno Vedhitya - )

 

GridOto.com - Berkendara saat hujan tentu saja membutuhkan banyak persiapan, tidak terkecuali dengan alas kaki yang kita gunakan.

Selain membawa membawa mantel atau jas hujan, pengendara motor juga harus memakai alas kaki yang sesuai.

Jangan sampai hanya demi menyelamatkan sepatu agar tidak kebasahan, pemotor lebih memilih menggunakan sandal jepit atau bahkan tanpa alas kaki alias nyeker sob, hehehe..

Jusri Pulubuhu, Founder & Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan, perilaku tersebut sangat membahayakan dan harus dihindari.

Baca Juga: Sambut Musim Hujan, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Wiper

Pasalnya, menggunakan sandal jepit saat berkendara dapat berpotensi membahayakan si pengendaranya tersebut.

"Sudah menjadi kebiasaan pemotor menggunakan sandal saat hujan. Bahkan, banyak di antaranya yang tidak mengenakan alas kaki,” ujar Jusri saat dihubungi GridOto.com, Rabu (30/9/2020).

Jusri menjelaskan, cedera serius bisa saja terjadi apabila mengalami kecelakaan saat menggunakan alas kaki yang tidak sesuai, terutama saat hujan.

Selain itu, berkendara tanpa alas kaki juga dapat mempengaruhi pengendalian saat mengoperasikan tuas transmisi dan rem belakang (selain skuter matic).

Baca Juga: Masuk Musim Hujan, Periksa Ketebalan Ban Mobil Agar Aman Dipakai

“Jangan sampai bertelanjang kaki. Pemotor wajib mempersiapkan dan memperhatikan keselamatan dirinya serta orang lain, saat berkendara dalam kondisi apapun,” sebutnya.

Lebih lanjut, saat ini sudah banyak tersedia sepatu dari bahan karet yang anti air dan dapat dipergunakan kala hujan.

Jusri menyarankan, aksesori tersebut lebih baik digunakan dan dimanfaatkan para pengendara, ketimbang harus pakai sandal atau bahkan nyeker.

Selalu jaga keselamatan saat berkendara ya sob!