Keren! Ikatan Motor Indonesia Siapkan Aturan Tentang Touring, Ini Tujuannya

M. Adam Samudra - Rabu, 23 September 2020 | 12:55 WIB

Standardisasi turing untuk keselamatan (M. Adam Samudra - )

GridOto.com - Ikatan Motor Indonesia (IMI) berinisiatif untuk membuat standardisasi pelaksanaan tata cara berkendara sepeda motor berkelompok yang melakukan touring.

"Tujuan pembuatan standardisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, khususnya komunitas atau klub sepeda motor, dan pengguna jalan raya umumnya,” kata Sadikin Aksa, Ketua Umum IMI, dalam keterangan tertulis yang diterima GridOto.com, Rabu (23/9/2020).

Dalam pembuatan standardisasi tata cara berkendara sepeda motor berkelompok, IMI menugaskan satu tim khusus yaitu Tim mobilitas untuk menghasilkan standardisasi dalam bentuk buku dan video panduan.

Nantinya, pembuatan video panduan ini akan menjadi panduan standardisasi yang pertama diterbitkan di Indonesia.

Baca Juga: Video Triumph Tiger 900 Rally, Motor Turing Tapi Galak!

Tak hanya itu, panduan ini akan menjadi yang pertama diterbitkan di dunia setelah 13 tahun. Panduan berkendara berkelompok terakhir dibuat oleh biker Amerika Serikat pada tahun 2007.

Dok. IMI
Ketua MPR Bambang Soesatyo (pegang bendera) melepas kepergian tim


Sementara itu, Bambang Soesatyo, Ketua MPR RI yang juga Pembina IMI, mendukung atas terbentuknya standardisasi tata cara mengemudi berkendara sepeda motor berkelompok.

Baca Juga: Modifikasi Yamaha NMAX Baru Bergaya Touring Sporty Habis Rp 40 Jutaan

Menurutnya, para pengguna sepeda motor harus memahami teknik berkendara yang aman diterapkan saat berkelompok.

"Mungkin kita paham dalam mengendarai sepeda motor, tapi dalam berkelompok kita harus tahu kapan tarik gas, kapan menjaga jarak, karena ini sebuah tim, maka harus seirama,” kata Bamsoet.

Bamsoet mengatakan, standar aturan ini akan memandu para pengguna sepeda motor dalam menentukan safety gear, formasi touring, dan persiapan sebelum berkendara.