Super KIPS Kawasaki Ninja 150 Jangan Dimatikan, Ini Efek Negatifnya

Muhammad Farhan - Senin, 21 September 2020 | 15:40 WIB

Kawasaki Ninja 150 RR SE (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Mekanisme Super KIPS di Kawasaki Ninja 150 jangan dimatikan, ini efek negatifnya menurut bengkel spesialis motor 2-tak.

Kawasaki Ninja 150 sendiri merupakan salah satu motor bekas favorit di pasaran karena tampang dan tenaganya yang besar.

Uniknya, sebagian pengguna motor sport Kawasaki ini ada yang mematikan mekanisme Super KIPS dengan posisi katup tertutup karena beragam alasan.

“Ada yang ingin supaya suara knalpot lebih garing, lalu ada juga karena enggak mau repot bersihkan secara rutin atau sudah aus jadi malah dimatikan,” ungkap Barutoyo Tri Hastono, pemilik bengkel Pitstop TPZ, spesialis Kawasaki Ninja di Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Baca Juga: Jarak Bebas Gas Motor Jangan Terlalu Rapat, Begini Efek Negatifnya

Diakui, memang suara knalpot jadi lebih garing di seluruh rpm karena posisi katup akan terus tertutup karena Super KIPS tidak aktif.

Namun kerugiannya, tenaga motor bakal terasa linear dan sudah tentu jadi seperti kehilangan karakter atau ciri khas Ninja 150.

youtube
Super KIPS perlu dibersihkan berkala dari tumpukan kerak

“Sebaiknya tidak dimatikan, karena secara performa sudah tentu lebih baik kalau Super KIPS aktif terutama kalau motor untuk harian,” jelasnya.

Untuk kepentingan balap memang biasa mekanik juga mematikan sistem Super Kips, bedanya katup KIPS dimatikan dalam posisi terbuka.