Ini Alasan Performa Joan Mir Menurun Saat Kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2020, Masalah Trek?

Ruditya Yogi Wardana - Minggu, 20 September 2020 | 18:05 WIB

Joan Mir ungkap alasan performanya menurun saat sesi kualifikasi MotoGP Emilia Romagna 2020. (Ruditya Yogi Wardana - )

GridOto.com - Joan Mir sempat menampilkan performa yang luar biasa ketika menjalani sesi latihan bebas atau FP MotoGP Emilia Romagna 2020.

Sayangnya, performa pembalap asal Spanyol ini malah menurun ketika menjalani sesi kualifikasi di Sirkuit Misano, Sabtu (19/09/2020) kemarin.

Kondisi tersebut tentunya membuat pembalap asal Spanyol ini harus puas dengan start di posisi ke-11 pada laga MotoGP Emilia Romagna, Minggu (20/09/2020).

Mir mengaku dirinya sudah meningkatkan ritme balapnya dan dibuktikan pada sesi FP3 dan FP4 MotoGP Emilia Romagna 2020.

Baca Juga: Bukannya Bangga, Joan Mir Malah Bingung Fabio Quartararo Sebut Suzuki Punya Motor MotoGP 2020 Paling ‘Sempurna'

"Kami berada di posisi lima besar (pada saat FP4), di mana kami seharusnya berada. Tapi hasil kualifikasi kurang memuaskan. Kami kurang cepat," ujar Joan Mir, dikutip GridOto.com dari Motosan.es.

Pembalap bernomor 36 ini menuturkan, dirinya mengalami satu masalah saat melakoni sesi kualifikasi.

"Cengkeraman di trek terlalu berlebihan. Masalah kami adalah cengkeraman berlebih saat memasuki tikungan," ungkap Mir.

Masalah cengkeraman di trek yang berlebih membuat pembalap Suzuki Ecstar ini tak bisa menikung secara maksimal.

Baca Juga: Raih Podium Tiga di MotoGP San Marino 2020, Joan Mir Ceritakan Momen Saat Balapan dan Bisa Salip Valentino Rossi

Selain itu, motor yang ditunggangi Mir pun jadi kehilangan akselerasinya saat keluar dari tikungan.

"Masalah ini membuat saya melewatkan tikungan dan kehilangan akselesari karena posisi yang kurang baik. Itulah yang terjadi pada saya," terangnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

WAAHH.. Sepertinya Yamaha memiliki senjata baru.. Knalpot Yamaha YZR-M1 yang biasanya pendek sekarang menjadi panjang... - Simak berita seputar balap di website OtoRace.id (klik link di bio) - #motogp #worldchampion #valentinorossi #vr46 #rossifumi #marcmarquez #marcmarquez93 #jorgelorenzo #jorgelorenzo99 #andreadovizioso #desmodovi #alexrins #yamaha #honda #suzuki #monsterenergy #redbull #oneheart #semakindidepan #missionwinnow #danilopetrucci #danipedrosa #motorplus #gridoto #otorace #otoraceid #stayathome #dirumahaja #berbagicerita #ngopreksantuy

A post shared by Otorace (@otorace.1d) on