Street Manners: Kenali Bahaya Gejala Power Skids dan Cara Mengatasinya

Radityo Herdianto - Selasa, 8 September 2020 | 09:00 WIB

Ilustrasi Mobil Melaju di Kecepatan Tinggi (Radityo Herdianto - )

GridOto.com - Dalam Street Manners kali ini akan membahas bahaya gejala power skids saat mengemudi serta bagaimana cara mengatasinya.

Terutama di kondisi jalan yang licin dan basah seperti musim hujan gejala power skids bisa terjadi jika salah dalam cara berkendara.

Power skids memiliki potensi bahaya yang cukup serius karena mobil berisiko kehilangan kendali dan memicu kecelakaan.

"Gejala ini bisa terjadi karena akselerasi mobil yang cukup mendadak yang membuat ban roda penggerak kehilangan traksi atau wheelspin," jelas Adrianto Sugiarto Wiyono, Dosen Transportasi Politeknik APP Jakarta yang juga Senior Instructor Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC) kepada GridOto.com.

Lanjut Adrianto, ditambah kondisi alur ban yang mulai tipis atau botak akan memperparah kemungkinan ban mengalami power skids.

ryan/gridoto.com
Ilustrasi mengemudikan mobil

Baca Juga: Street Manners: Posisi Tangan di Setir Wajib Sejajar, Mengapa?

Hilangnya traksi ban dari roda penggerak tentu membuat mobil sulit dikendalikan atau cenderung keluar dari arah laju mobil.

"Kalau merasa ada gejala wheelspin jangan panik dan langsung injak pedal rem, malah semakin sulit mengendalikan manuver mobil," tekan Adrianto.

Adrianto menyarankan untuk tetap tenang dan melepas pedal gas supaya penyaluran tenaga ke roda penggerak terputus.

Tujuannya agar putaran roda otomatis mengikuti bobot laju kendaraan sehingga traksi bisa didapatkan kembali.

"Kemudian mainkan putaran setir untuk menyeimbangkan manuver mobil mengembalikan poros laju mobil ke semula," tutur Adrianto.