Street Manners: Lampu Lalu Lintas Baru Pindah ke Hijau, Jangan Main Klakson, Begini Etikanya

Wisnu Andebar - Sabtu, 5 September 2020 | 18:04 WIB

Pengendara saat berhenti di traffic light simpang empat Papahan Tasikmadu Karanganyar, Sabtu (7/3/2020). (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Sebagian pengendara memilih membunyikan klakson panjang, meski lampu lalu lintas baru menunjukkan perpindahan dari lampu merah ke hijau.

Hal ini tentu meresahkan pengendara yang memilih bersabar dan mengantre secara tertib ketimbang menekan klakson.

Selain mengklakson, pengendara semacam ini biasanya juga tidak mau bersabar dan berkendara secara agresif sehingga membahayakan pengguna jalan lain.

Baca Juga: Street Manners: Amankah Modifikasi Lampu Ekstra di Crashbar Motor Touring

Sony Susmana, selaku Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia(SDCI) mengatakan, bahwa hal itu merupakan masalah etika bersabar dengan sesama pengguna jalan.

Menurutnya, pengendara yang mengantre di belakang perlu bersabar karena kendaraan melaju bergiliran setelah lampu hijau menyala.

"Kendaraan stop and go butuh waktu untuk bergerak dan harus dilakukan dengan smooth (halus)," papar Pria yang akrab disapa Sony kepada GridOto.com, Jumat (4/9/2020).

Baca Juga: Street Manners: Jangan Abaikan Sirene Mobil Damkar, Halangi Petugas 'Halal' Ditabrak

Bahkan menurutnya, para pengendara juga dianjurkan untuk tidak langsung tancap gas ketika lampu hijau baru menyala.

"Sekalipun lampu lalu lintas berpindah ke hijau, tetap harus ada toleransi dua detik untuk menghindari kendaraan yang nyelonong," pungkasnya.

Nah, jadi harus lebih bersabar ya sob ketika berkendara di jalan.