Brio dan Mobilio Diminati Konsumen First Time Buyer, Honda Bagikan Rahasianya!

Naufal Shafly - Kamis, 27 Agustus 2020 | 17:20 WIB

All New Honda Brio (Naufal Shafly - )

GridOto.com - All New Brio dan New Mobilio jadi model andalan PT Honda Prospect Motor (HPM) di ajang Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020.

Saat acara talkshow di IOOF 2020, diungkapkan bahwa keduanya merupakan model yang paling diminati konsumen pertama atau first time buyer di Indonesia.

Sebagai contoh, 50 persen atau separuh dari pembeli Honda Brio di sepanjang 2020 ini datang dari kalangan first time buyer.

Bahkan semenjak diberlakukannya PSBB Transisi di Juni 2020 kemarin, persentase pembeli Honda Brio Satya dari kalangan first time buyer pun meningkat menjadi 60 persen.

Begitu juga model Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) jagoannya, yakni Honda Mobilio yang menjadi salah satu idaman konsumen first time buyer.

Baca Juga: Brio Masih Jadi Andalan, Penjualan Honda Terjun Bebas Hingga 89 Persen di Mei 2020

"Ada juga masyarakat yang ingin step-up, jika sebelumnya dia punya mobil kecil, sekarang ingin punya mobil yang lebih besar. Lalu juga yang tadinya tidak punya mobil sekarang butuh mobil untuk aktivitas keluarganya, jadi mereka pilih Honda Mobilio," ujar Yulian Karfili, Public Relation and Digital Manager PT Honda Prospect Motor (HPM)  dalam acara Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020, Selasa (25/8/2020).

Arfi menambahkan, ada beberapa hal yang membuat All New Honda Brio dan Honda Mobilio sangat diminati oleh konsumen first time buyer.

Aries Aditya/GridOto.com
Andre Taulany mereview Honda Mobilio di IOOF 2020


"Pertama styling, jadi meskipun mereka baru pertama kali ingin punya mobil tapi mereka ingin punya kebanggaan terhadap mobilnya, mereka pilih yang kendaraan yang memiliki style membanggakan bagi mereka," ucap pria yang akrab dengan sapaan Arfi ini.

Selain style, Arfi mengatakan konsumen first time buyer juga kerap mencari kesenangan mengemudi di mobilnya.

Baca Juga: Honda Koreksi Target Ekspor Brio, Kini Incar Angka 6.000 Unit

Kesenangan mengemudi ini, menurut Arfi erat kaitannya dengan performa mesin dan konsumsi bahan bakar.

"Honda Mobilio dan Honda Brio itu kami bisa bilang punya power terbesar di kelasnya. Kalau power terbesar pasti berhubungan dengan kesenangan berkendara," ucap Arfi.

"Tapi power besar ini bukan hanya feeling saja, bukan untuk kebut-kebutan, tapi power itu bisa berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar. Honda Brio yang sudah jelas LCGC, itu ada batasan konsumsi bahan bakarnya, jadi sudah pasti irit," ungkapnya.

Berbicara efisiensi bahan bakar, berdasarkan data pengetesan GridOto.com, konsumsi BBM Honda Mobilio untuk rute dalam kota adalah 14,8 km/liter, sedangkan untuk rute luar kota konsumsi BBM-nya adalah 18,9 km/liter.

Sedangkan, Honda Brio konsumsi BBM untuk rute dalam kota-nya adalah 16,9 km/liter, sementara untuk rute luar kota konsumsinya 22,6 km/liter.