Street Manners: Tidak Menggunakan Jaket Saat Riding, Keselamatan dan Kesehatan Terancam

Wisnu Andebar - Sabtu, 22 Agustus 2020 | 15:46 WIB

Ilustrasi riding (Wisnu Andebar - )

GridOto.com - Riding tanpa menggunakan jaket sangat tidak dianjurkan karena memiliki risiko yang tinggi terhadap sisi keselamatan dan kesehatan.

"Riding hanya kaus (tanpa jaket) punya konsekuensi bagi kesehatan, baik dari sisi kulit hingga pernafasan, seperti paru-paru yang terlampau sering kena terpa angin," kata Andry Berlianto, Praktisi Defensive Riding kepada GridOto.com, Sabtu (22/8/2020).

Andry menjelaskan, berkendara naik motor hanya memakai kaus saja juga berpotensi menyebabkan cedera serius ketika mengalami kecelakaan atau terjatuh dari motor.

"Kaus secara bahan tidak memiliki material yang dapat melindungi kulit dari potensi gesekan yang dapat menyebabkan luka gores, lebam, dan lainnya," terangnya.

Baca Juga: Street Manners: Sering Memangku Anak di Mobil? Ini Bahayanya Menurut Pakar Safety

Ia pun menyarankan kepada para bikers ketika berkendara sebaiknya menggunakan jaket agar bagian tubuh terlindungi sempurna sehingga meminimalisir terjadinya cedera parah pada tubuh.

"Idealnya tetap kenakan jaket sebagai lapisan pelindung pertama terhadap tubuh, yakni dada, lengan, punggung," imbuhnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, untuk penggunaan jaket ada baiknya pilih yang berbahan nyaman menyesuaikan cuaca setempat.

"Material tebal mungkin bagus, tapi untuk daerah tropis akan sedikit menyiksa pengendara," ucapnya.

Baca Juga: Street Manners: Motor Pakai Ban Cacing untuk Harian? Ini Bahayanya!

"Gunakan yang secara bahan nyaman dan punya kualitas mumpuni, bisa memilih brand yang memang sudah dikenal punya kualitas baik," sambung Andry.

Adapun untuk perjalanan jauh ia menyarankan agar memakai jaket yang dilengkapi protektor di bagian siku dan  punggung.