Recall Fuel Pump Toyota di Indonesia, Ternyata Gara-gara Komponen Ini

Ryan Fasha - Selasa, 4 Agustus 2020 | 12:00 WIB

Ilustrasi low-pressure fuel pump di mobil (Ryan Fasha - )

GridOto.com - PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan recall untuk melakukan penggantian fuel pump atau pompa bahan bakar di sejumlah produknya yang dijual di Indonesia (30/7).

Recall fuel pump yang dilakukan PT TAM menimpa Toyota Alphard (produksi 2017-2018), Toyota Corolla (2018), Toyota FJ Cruiser (2013-2014), dan Toyota Kijang Innova, Toyota Fortuner serta Toyota Hilux buatan tahun 2017-2019.

"Ada sekitar 36.000 unit mobil yang diminta datang ke bengkel resmi Toyota untuk melakukan pemeriksaan atau penggantian fuel pump ini," jelas Dimas Aska, Interactive Communication Department Head PT Toyota-Astra Motor (TAM) yang dihubungi GridOto.com (3/8).

Angka tepatnya adalah 36.841 unit Toyota di Indonesia yang terkena recall fuel pump ini.

Apa penyebab PT TAM mesti melakukan penggantian fuel pump pada sejumlah produknya di Indonesia?

Dok. Otomotif
Ilustrasi Toyota Kijang Innova

Baca Juga: Recall Fuel Pump Mobil Honda, Butuh Waktu Segini untuk Penggantian

"Kami menemukan ada indikasi perubahan bentuk pada baling-baling atau impeller rotor fuel pump yang bisa mengganggu kinerja komponen tersebut," ungkap Didi Ahadi, Dealer Technical Support Department Head PT TAM kepada GridOto.com (3/8).

Baling-baling atau impeller di dalam low-pressure fuel pump (LPFP) ini akan berputar untuk mengisap bahan bakar dan menghasilkan tekanan untuk memompa bahan bakar ke mesin.

Oh ya, low-pressure fuel pump ini letaknya di dalam tangki bahan bakar mobil.