Seken Keren: Substitusi Komponen Honda CBR250R CBU, Ternyata Hanya Part Ini yang Bisa

Wisnu Andebar - Sabtu, 18 Juli 2020 | 18:15 WIB

Honda CBR250R (Wisnu Andebar - )

 

GridOto.com - Suku cadang Honda CBR250R yang mahal membuat sebagian bikers melakukan substitusi dengan part motor lainnya.

Mahalnya komponen motor sport fairing 250 cc satu silinder ini diklaim karena Completely Built Up (CBU) atau diimpor secara utuh dari Thailand.

Untuk itu, buat calon pembeli Honda CBR250R generasi pertama ini ada baiknya mengetahui komponen apa saja yang bisa saling tukar dengan part motor lainnya.

Wawan Setiawan, selaku pemilik bengkel spesialis Honda CBR WMC Racing mengatakan, bahwa spare part CBR250R Thailand ini punya persamaan dengan motor yang diproduksi lokal, namun hanya sebagian kecil.

Baca Juga: Seken Keren: Disebut Punya Daya Tahan Mesin Kuat, Cek Bagian Ini Sebelum Beli Honda CBR250R CBU

"Kalau disk belakang bisa pakai punya New Honda MegaPro, tapi kalau depan enggak bisa, dia beda sendiri," kata Wawan saat GridOto.com temui di bengkelnya yang berlokasi di Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (17/7/2020).

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa filter oli bisa substitusi pakai milik motor lainnya.

"Filter olinya bisa juga pakai punya Kawasaki Kaze," terangnya.

"Sama paling lampu sein sama kayak CBR150R lokal, enggak banyak yang bisa disubstitusi," sambung Wawan.

Baca Juga: Seken Keren: Spare Part Honda CBR250R CBU Thailand Mahal, Harga Cakramnya Saja Segini

Bahkan, ia mengklaim bahwa jeroan mesin tidak ada yang bisa saling tukar dengan komponen seri Honda CBR lainnya.

"Kalau di mesin enggak ada yang sama. Tapi kalau CBR150R CBU sama CBR150R yang lokal itu banyak persamaannya, dari mesin banyak, bagian luar juga banyak," ungkapnya.

"Tapi untuk yang CBR250R satu silinder ini spare partnya memang agak sulit, karena kalau pesen di dealer resmi pun pasti indennya lama dan harganya mahal," pungkas Wawan.