Catat! Polda Jabar Akan Gelar Operasi Lodaya Akhir Bulan Ini, Jangan Lupa Pakai Masker Kalau Enggak Mau Kena Denda

Laili Rizqiani - Jumat, 17 Juli 2020 | 20:38 WIB

Polda Jabar akan kembali menggelar operasi lodaya dengan menerapkan protokol kesehatan (Laili Rizqiani - )

GridOto.com - Polda Jawa Barat akan menggelar Operasi Lodaya Protokol Kesehatan pada pekan depan.

Sama seperti tahun tahun sebelumnya, Operasi Lodaya berkaitan dengan operasi keselamatan berlalu lintas di jalan raya.

Melansir TribunJabar.id,  Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo mengatakan akan ada tambahan aturan yang harus diterapkan oleh para pengguna jalan pada kegiatan Operasi Lodaya di tengah situasi pandemi Covid-19

"Prinsipnya Operasi Lodaya ini berkaitan dengan keselamatan lalu lintas di jalan raya, sama seperti sebelumnya. Cuma sekarang ada penerapan protokol kesehatan," ujarnya Kamis (16/7/2020).

Baca Juga: Tilang Kembali Diberlakukan, Simak Nih Pelanggaran yang Jadi Prioritas

Polisi akan memastikan para pengguna jalan untuk mematuhi aturan lalu lintas sebagaimana diatur di Undang-undang Lalu lintas Angkutan Jalan dan menerapkan sanksi jika ada pelanggaran.

"Dalam pelaksanaannya nanti, di samping mengecek keselamatan berkendara seperti diatur di Undang-undang Lalu lintas, juga diimbau mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Kasatlantas menjelaskan, berkaitan kolaborasi Operasi Lodaya dan penerapan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19, pihaknya masih membahas penerapan pelaksanaan operasi tersebut.

Namun gambaran pelaksanaannya yakni memastikan semua warga harus menggunakan masker.

Baca Juga: Street Manners: Belok Tanpa Sein Melanggar Hukum, Kalau Pakai Isyarat Tangan Boleh Enggak?

"Intinya seperti itu. Untuk sanksi lalu lintas, mengacu ke Undang-undang Lalu lintas. Untuk protokol kesehatan, nanti kami lihat dasar aturannya dari gubernur," kata Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Bayu Catur Prabowo.