Istimewanya Kaki-Kaki Kawasaki Ninja ZX-25R, Buat Nikung Nurut Banget

Harry - Kamis, 16 Juli 2020 | 12:00 WIB

Kawasaki Ninja ZX-25R (Harry - )

GridOto.com - Mencoba Kawasaki Ninja ZX-25R di Sirkuit Sentul, Bogor rasanya istimewa banget sob, selain mesin ternyata kinerja kaki-kakinya juga mengagumkan.

Dengan bobot motor 182 kg, handling dari motor ini terasa ringan dan nurut buat melibas tikungan chicane atau tikungan panjang.

Suspensi depan pakai Showa upside down tipe SFF-BP, yang punya cara kerja terpisah antara tabung kiri dan kanan, juga pakai piston ukuran besar.

(Baca Juga: Ada Syaratnya, Begini Cara Pakai Quick Shifter Kawasaki Ninja ZX-25R)

Untuk rider berbobot 70 kg, suspensi depan ini masih ada sedikit gejala mengayun tapi dalam taraf wajar. Rasanya tinggal seting ulang sudah beres masalahnya.

Kalau yang belakang, dengan monosok yang disebut Horizontal Back Link terasa istimewa. Buntut motor anteng dan bikin percaya diri keluar masuk tikungan.

Rianto/Gridoto.com
Kawasaki Ninja ZX-25R

Teknologi yang sama juga dipakai untuk Ninja ZX-10R pacuan Jonathan Rea sob. Posisi suspensi ini jauh dari knalpot sehingga performanya enggak terpengaruh panas knalpot.

Lalu soal pengereman, dengan cakram semi floating dan kaliper 4 piston radial mount, rem depan sangat menggigit.

Ukuran master pun pun lebih besar, enggak seperti motor sport 250 cc lainnya. Sepintas ukurannya mirip dengan master rem kepunyaan motor 650 cc Kawasaki seperti Ninja 650 atau Z650.

Baca Juga: Fix! Kawasaki Ninja ZX-25R Sport 250 CC Paling Bertenaga, Top Speed Tembus 186 Km/Jam!

Karakter pengeremannya ini enak banget untuk late brake sebelum masuk tikungan, enggak perlu takut kebablasan sob. Karakter remnya pun terasa empuk.

Dalam kondisi standar, secara keseluruhan kinerja kaki-kaki Ninja ZX-25R ini sudah mumpuni untuk dipakai track day sob.

Kasar kata, tinggal modalin ban soft compund sudah enak nih motor hehehe....