Tangki Motor Tipe Sport Lebih Rentan Karat dan Bocor, Benarkah?

Muhammad Farhan - Selasa, 14 Juli 2020 | 14:40 WIB

Bagian tangki dan kokpit, dibuat proporsional. (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Tangki motor tipe sport dianggap lebih rentan berkarat dan mengalami kebocoran dari motor tipe lain, benarkah demikian?

Dibandingkan motor bebek atau matic yang umumnya punya tangki di balik jok, motor sport punya tangki yang terlihat langsung.

Meskipun tangki berkarat dan bocor bisa dialami setiap jenis motor, kasus tersebut lebih sering ditemui pada motor tipe sport.

“Karena letaknya di luar, tentu tangki motor sport lebih sering terpapar panas atau air secara langsung sehingga peluang berkarat dan bocor lebih besar,” ujar Chandra, mekanik PB Motor, Pamulang, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Motor Jadul Tidak Cocok Minum Bensin Oktan Tinggi, Ini Penyebabnya

Selain karena terlihat langsung, pabrikan motor sendiri mendesain tutup tangki motor sport supaya tampil menarik dan punya kemampuan kedap air lebih baik.

“Bukan cuma desain tutup tangkinya, namun bahan tangki motor tipe sport umumnya pakai besi lebih tebal atau cover tambahan supaya lebih terlindungi,” jelasnya.

Uje
Tangki bensin motor matic letaknya tersembunyi dibalik jok

Namun dibandingkan motor tipe lain, tentu tangki motor sport perlu lebih diperhatikan kondisinya supaya awet.

Bisa dimulai dari paling simpel, yaitu periksa kondisi karet di tutup tangki dan segera ganti apabila sudah tipis atau getas.

Baca Juga: Kunci Boks Motor Givi Hilang atau Rusak, Jangan Bingung, Ini Solusinya