Motor Yang Lama Tidak Digunakan Harus Ganti Oli Saat Ingin Digunakan Lagi?

Muhammad Farhan - Rabu, 17 Juni 2020 | 11:40 WIB

Parkir motor matic sebaiknya dalam kondisi standar tengah (Muhammad Farhan - )

GridOto.com – Dalam kondisi lama terparkir di rumah tidak dipakai, apakah oli mesin di motor perlu diganti baru sebelum kembali dipakai beraktifitas?

Adanya kebijakan untuk mengendalikan penyebaran virus Covid-19 membuat motor jadi tidak terpakai dalam waktu lumayan lama.

Nah menurut penjelasan bengkel spesialis, supaya performa dan kondisi mesin terjaga disarankan untuk ganti oli dengan yang baru.

“Sebab kalau lama tidak dinyalakan atau dipakai, kualitas oli bisa menurun akibat lama mengendap di bagian bawah mesin,” jelas Oki Aditiawan dari bengkel Sinthink Garage, Pejaten, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Cara Darurat Menambal Karet Vakum Karburator Yang Bocor, Gampang

Karena lama dalam kondisi diam, risiko oli mengental pun semakin besar dan tentu berdampak negatif kalau tetap digunakan untuk melumasi mesin.

Kotoran atau kerak di bagian bawah pun rentan terangkat dan kembali naik melumasi berbagai komponen di dalam mesin.

GridOto.com
Ganti oli mesin, baiknya pada siang hari atau malam hari ?

“Dampaknya jangka pendeknya seperti bikin motor boros bensin, mesin cepat panas, dan tentu bisa merusak dan menurunkan kinerja mesin,” lengkapnya.

Selain melakukan penggantian oli mesin dengan yang baru, pengecekan kondisi menyeluruh dan servis ringan juga dianjurkan.

Baca Juga: Agar Lebih Bersih Sehabis Riding, Bikers Bisa Pakai Ini Saat New Normal