Data Penjualan MPV Crossover Mei 2020: Suzuki XL7 Memimpin, Mitsubishi Xpander Cross Mengejar, Honda BR-V Menghilang

Muhammad Rizqi Pradana - Selasa, 16 Juni 2020 | 17:10 WIB

Suzuki XL7 Alpha (Muhammad Rizqi Pradana - )

GridOto.com - Segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) bergaya Crossover merupakan segmen yang banyak memiliki peminat di Indonesia.

Hanya saja, hal tersebut tidak membuatnya terhindar dari tren penurunan penjualan yang dicatatkan industri otomotif Indonesia pada bulan April lalu.

Menurut data milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO), angka distribusi dari pabrik ke dealer (wholesales) pada Mei 2020 turun sekitar 54,9 persen dari bulan sebelumnya.

Permintaan pasar yang juga cenderung menurun akibat pandemi Covid-19 atau virus Corona serta penumpukan stok yang terjadi di dealer menjadi akibatnya.

Baca Juga: Suzuki Beberkan Alasan Kenapa XL7 Bukan Jadi Penyebab Anjloknya Penjualan Ertiga

Hal tersebut juga tercermin pada penjualan wholesales model LMPV Crossover, yang juga mengalami penurunan dibandingkan April 2020.

Suzuki XL7 kembali menjadi model paling laris dengan catatan penjualan sebesar 196 unit, sekaligus menjadi satu-satunya model yang penjualannya berhasil menembus angka tiga digit.

Produk terbaru dari PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) ini juga kembali menjadi satu-satunya model yang satu variannya berhasil mencetak penjualan di angka 3 digit.

Lagi-lagi, kehormatan tersebut diraih oleh XL7 tipe Alpha dengan transmisi matik, yang berhasil menyumbangkan 100 unit dari total penjualan LMPV Crossover dari pabrikan Jepang tersebut.